Pekanbaru Expo Diikuti Peserta Berbagai Provinsi

id pekanbaru expo, diikuti peserta, berbagai provinsi

Pekanbaru Expo Diikuti Peserta Berbagai Provinsi

Pekanbaru, 17/6 (ANTARA) - Ajang Pekanbaru Expo yang diselengarakan 19-23 Juni 2012 akan diikuti peserta dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Kalimantan Selatan, Banten, DKI, Tangerang Selatan, Lampung, Bengkulu, Padang, Bukittinggi serta berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Riau dengan menampilkan 45 saung.

"Iven ini jadi ajang dalam mendekatkan produk UKM dan industri besar kepada masyarakat Pekanbaru serta investor yang dipadati masyarakat Provinsi Riau," kata penanggung jawab kegiatan Pekanbaru Expo Eddy Edra di Pekanbaru, Minggu.

Selama lima hari penyelenggaraan diharapkan dikunjungi 2.000 warga dan investor dengan transaksi perhari diperkirakan mencapai Rp500 juta.

Aneka kerajinan dan barang akan ditampilkan dalam kegiatan expo itu. Untuk Disperindag sendiri akan memajang hasil kerajinan seperti perabotan berbahan baku rotan, makanan khas daerah, bordir dan songket sementara peserta lain juga akan membawa produk yang menjadi andalan di daerah masing-masing.

Ia menyatakan animo warga Kota Pekanbaru dan Riau khususnya dalam menghadiri expo itu dari waktu ke waktu terus meningkat dan transaksi penjualan baik langsung maupun melalui pesanan bertambah marak. "Event ini yang kelima kita laksanakan dan selalu kita evaluasi untuk dilakukan pembenahan-pembenahan agar kualitasnya meningkat," ujar Eddy.

Kegiatan yang akan dibuka oleh Wali Kota Firdaus MT pada Selasa sore itu akan menjadi ajang bagi pengusaha untuk mendapatkan pesanan dalam jumlah besar ataupun meningkatkan kapasitas produksi, karena dari kegiatan serupa sebelumnya selalu ada permintaan kerjasama.

Bagi masyarakat yang ingin datang menyaksikan kegiatan yang digelar di gedung juang Pekanbaru itu panitia tidak memungut biaya dan bahkan berbagai atraksi kesenian dan budaya baik dari Riau maupun provinsi tetangga Sumatera Barat akan ditampilkan dalam menghibur pengunjung.

Untuk peserta dari daerah lain menurut Eddy sudah membayar biaya untuk sewa tempat. "Kegiatan ini tidak didanai APBD melainkan dengan menggandeng pihak swasta selaku penyelenggara," ujarnya.

Menurut penyelenggara Amril dari PT. Produta Promosindo menyatakan pada Senin paling lambat seluruh saung dan tempat expo sudah kelar dan bisa digunakan.

"Kalau sekarang sudah 75 persen selesai dan kini tengah dilakukan pemasangan partisi. Kita sudah terbiasa melaksanakan ajang seperti ini sehingga pelaksanaan saungnya bisa tepat waktu," ujarnya.

Untuk setiap penyewa akan mendapatkan stand atau saung berukuran 3x3 meter dan kini 46 saung yang disediakan sudah terisi penuh oleh peserta.

"Mulai Senin peserta sudah bisa memajang barang-barang yang akan dipromosikan. Kita mendesain tempat sebagus mungkin agar terlihat indah dan lebih menarik pengunjung untuk berbelanja maupun bertransaksi," ujarnya.