Ternak Sapi Komoditas Unggulan Siak

id ternak sapi, komoditas unggulan siak

Ternak Sapi Komoditas Unggulan Siak

Siak, (antarariau) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau menjadikan ternak sapi sebagai salah satu program unggulan karena disamping bisa diintegrasikan dengan komoditi sawit dan padi, juga dapat menunjang terwujudnya swasembada daging di daerah tersebut.

"Ternak sapi sangat selaras dengan potensi sumber daya alam Siak berupa perkebunan sawit dan ladang sawah padi, sehingga masing-masing komoditi tersebut menjadi satu mata rantai yang saling menguntungkan

atau simbiosis mutualisme," kata Bupati Siak Syamsuar kepada ANTARA Kamis, (10/5) di Siak.

Bupati Siak mengatakan, integrasi sapi-sawit, jelas Syamsuar, adalah dimana ketika dua komoditi tersebut masing-masing dapat saling memenuhi kebutuhannya yakni sawit 'memberikan' pelepahnya untuk

dijadikan pakan ternak sapi dan sebaliknya, sapi 'memberikan' kotorannya untuk pupuk pohon sawit.

"Demikian halnya integrasi sapi dengan padi dimana jerami padi dijadikan pakan dan kotorannya untuk pupuk, jadi sangat terlihat sekali potensi yang akan menjadi program unggulan Kabupaten Siak," katanya.

Dengan kondisi ini lanjutnya, ternak sapi juga dapat menjadi salah satu sarana penunjang percepatan pembangunan pedesaan disamping program-program unggulan lain yang diterapkan pemkab seperti pokmas

dan ADD maupun program pusat PNPM.

"Dalam menunjang percepatan pembangunan pedesaan, sejak tahun 2012 ini, kita telah alokasikan dana pokmas sebesar 450 juta/desa. Karena Program ini ditujukan untuk pembangunan jalan dan jembatan desa, tentu menjadi pendukung program pusat berupa PNPM,"ujar Syamsuar.

Lanjut Syamsuar, Demikian halnya Alokasi Dana Desa (ADD) yang juga dikucurkan kesetiap desa sebesar 10 persen dari DBH migas. Intinya seluruh kucuran dana ke setiap desa.

"Yang jelas semuanya ini harus dikelola dengan baik sehingga saling menunjang satu sama lain termasuk program ternak sapi ini harus dijadikan sarana tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan yang mensejahterakan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera akan menjadi kekuatan dalam percepatan pembangunan," tegasnya.