Berapa lama penyakit pilek bisa menular?

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Berapa lama penyakit pilek bisa menular?

Ilustrasi (Antara/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pilek bisa sangat menular, menyebar melalui udara, kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, dan bahkan melalui kotoran orang yang terinfeksi.

Laman MedlinePlus mencatat, masa inkubasi pilek atau lamanya waktu antara saat Anda terinfeksi dan mulai menunjukkan gejala biasanya sekitar dua atau tiga hari. Pada saat itulah Anda mungkin paling rentan menulari orang lain atau tertular.

Baca juga: Kenali perbedaan gejala batuk pilek karena alergi atau infeksi

"Pilek paling umum disebabkan oleh virus dan periode infeksi tertinggi biasanya satu hingga dua hari sebelum timbulnya gejala dan selama dua hingga tiga hari pertama gejala," kata Jazmine Sutton, dokter di Cleveland Clinic seperti dilansir dari Health, Selasa.

Gejala ini yakni sakit tenggorokan, pilek, batuk, bersin, sakit kepala, dan nyeri tubuh. Beberapa kondisi pilek bisa meningkatkan suhu tubuh, demam yang umum dialami mereka yang terkena flu, COVID-19 atau penyakit akibat virus lainnya.

Setelah pilek muncul, gejala tersebut dapat berlangsung dari beberapa hari hingga dua minggu, dan dalam sebagian besar kasus, pilek umumnya tidak lagi menular setelah minggu pertama.

Tetapi hal tak selalu tepat. Selama Anda masih batuk atau menunjukkan gejala apa pun, Anda mungkin masih menulari orang lain.

"Kadang-kadang, Anda mungkin mengalami batuk terus-menerus selama satu atau dua minggu lagi, setelah Anda mulai merasa lebih baik," kata Sutton.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda masih dapat menularkan penyakit bahkan setelah gejalanya hilang, karena sesuatu yang disebut pelepasan virus, atau ketika virus bereplikasi di dalam tubuh dan keluar ke lingkungan.

Pada dasarnya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain selama musim pilek, flu ialah terus melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan seperti mencuci tangan dan menjaga jarak secara fisik dari orang sakit.

Lalu, jika Anda memang terserang pilek, flu, sebaiknya perhatikan gejala Anda sendiri dan mencoba mengisolasi diri selama beberapa hari dan tetap waspada setelah itu, sampai Anda kembali sehat 100 persen.

Baca juga: ini 10 tips cegah pilek dan flu secara alami

Baca juga: Apa bedanya gejala virus corona baru atau 2019-nCoV dengan batuk dan pilek biasa?


Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa