Umum-Kampar gelar empat cabang PON

id umum-kampar gelar, empat cabang pon

Kampar - Pemerintah Provinsi Riau membagi 'venues' pertandingan berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan di arena PON XVIII, September 2012 mendatang ke seluruh kabupaten dan kota.

"Kebetulan Kabupaten Kampar kebagian jatah empat cabang olahraga (Cabor), yakni sepakbola, pencak silat, golf dan 'road race' (balap motor). Semua 'venues' itu terus kami siapkan, agar jauh sebelum hari H, sudah selesai," kata pejabat PU setempat, H Basri Rasyid, Jumat.

Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Kampar ini menambahkan, khusus untuk arena Cabor sepakbola, akan dipusatkan di Stadion 'Tuanku Tambusai' Bangkinang (ibukota kabupaten Kampar).

"Saat ini pengerjaan lokasi pertandingan utama, yakni lapangan hijaunya, telah selesai. Selanjutnya renovasi tribun plus 'baseland' pinggir lapangan, sehingga memenuhi standar nasional," ujarnya.

Yang pasti, demikian Basri Rasyid, Stadion 'Tuanku Tambusai' Bangkinang akan disempurnakan sesuai standard PB PON Pusat, sehingga layak menggelar pertandingan sepakbola level nasional, bahkan regional.

Sementara itu, arena Cabor pencak silat, yakni di Gelanggang Olahraga (GOR) 'Bangkinang', menurutnya, sudah sejak lama siap.

"Bahkan pada September hingga Oktober 2011 lalu, telah menjadi lokasi Kejurnas Pencak Silat. Tinggal beberapa bagian luar memang perlu dipoles lagi," ungkapnya.

Khusus 'venues' balap motor yang lokasinya bersebelahan dengan GOR Bangkinang, kondisinya dikatakannya hampir rampung dan tinggal pekerjaan pengaspalan lintasan arena balap.

"Begitu pula Untuk lapangan golf yang dipusatkan di lapangan Kompleks 'Labersa' di Kecamatan Siak Hulu, sudah siap pakai dengan berbagai pasilitas yang sudah bertaraf internasional," ungkap H Basri Rasyid.