PU Dumai berencana bangun jembatan berkonsep wisata

id PU Dumai, Jembatan Dumai,Kota dumai, wisata dumai

PU Dumai berencana bangun jembatan berkonsep wisata

Arsip foto. Jembatan Nusantara yang berada di bagian jalan lingkar kota (JLK) Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020) (ANTARA/Mohammad Ayudha)

Dumai (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumaiberencana mengusulkan kegiatan pembangunan sejumlah infrastruktur jembatan berkonsep wisata bagi warga setempat dan pendatang dengan ditaksir kebutuhan anggaran senilai Rp20 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Dumai Reza Pahlefidi Dumai, Junat, mengatakan pembangunan infrastruktur jembatan di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, ini selain untuk sarana dan prasarana sebuah daerah, juga untuk konsep wisata daerah.

"Konsep jembatan berbentuk kupu-kupu, lebih indah, nyaman dan bersih," kata Reza.

Dijelaskannya, selain jembatan kupu-kupu juga dikonsep jembatan prategang dan jembatan gantung disiapkan untuk beberapa daerah di Kota Dumai sebagai penghubung jalur masyarakat dan konsep wisata daerah, bersumber anggaran daerah dan dana alokasi khusus (DAK).

"Ada tiga bentuk jembatan yang akan kita bangun sebagai kawasan wisata serta penghubung ke pemukiman masyarakat, dana bersumber APBD dan DAKtahun 2021," sebut Reza.

Ditambahkannya, pada 2020 ini, Bina Marga PUPRKota Dumai telah merealisasikan sejumlah infrastruktur jalan bersumber anggaran DAK, salah satu Jalan Sungai Masang Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur.

Kondisi ruas Jalan Sungai Masang ini sebelumnya sangat memprihatinkan dan sulit untuk dilewati masyarakat, namun kini sudah selesai pekerjaan menjadi nyaman untuk dilalui dengan ditambah jalur trotoar bagi pejalan kaki.

Sejumlah ruas jalan yang dibangun setahun ini antara lain Jalan Imam Munandar dan Jalan Kemuning Kelurahan Jaya Mukti, Jalan Parit Tugu Kelurahan Mundam, Jalan Abdul Rafkan Kelurahan Bukit Timah dan Jalan Parit Pisang Mas Kelurahan Bagan Keladi.

"Untuk infrastruktur jalan lain ke depan harapan kita akan terealisasi sesuai kemampuan keuangan daerah, namun tetap melihat kondisi pandemi COVID-19 saat ini," demikian Reza.

Baca juga: Peti kemas ini tutupi jembatan Sungai Dumai. Ini alasannya