Tionghoa Gelar Syukuran Sambut Imlek

id tionghoa gelar, syukuran sambut imlek

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - 'Vihara Darma Loka' di Kampung Tionghoa Melayu, Kota Pekanbaru, menjadi pusat penyelenggaraan ritual sembahyang syukuran warga menyambut Tahun Baru Imlek 2563, Senin (23/1) ini.

Sedikitnya 200 tokoh Tonghoa di Provinsi Riau, secara berjema'at mengikuti ritual sembahyang tersebut, sebagai wujud syukur umat Konghucu menyambut Hari Raya Imlek ini.

Sebelumnya, pada Senin (23/1) dinihari, tepat pukul 00.01 WIB, warga Tionghoa di Pekanbaru juga telah merayakan detik-detik datangnya Tahun Baru Imlek dengan menyalakan ratusan kembang api berukuran besar dibarengi atraksi Barongsai.

Para warga Tionghoa yang bersembahyang terpantau begitu khusyuk dalam beribadah dengan diiringi alunan lagu yang mengisahkan sebuah kasih sayang hamba terhadap 'sang pencipta'.

Vihara Darma Loka sendir penuh dengan hiasan dan pernak-pernik Imlek, mulai dari lampion yang ditata pada langit-langit, ratusan lilin berbagai ukuran terpasang di berbagai sudut ruangan, serta aneka ornamen lainnya, sehingga kian "mempercantik" rumah ibadah umat Konghucu tersebut.

Suasana ini sangat mendukung prosesi ritual yang terkadang berlangsung sangat hening, dan terasa begitu "menyejukkan" perasaan siapa saja yang menyaksikan ritual keagamaan itu.

Dewan Pembina Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP), Sidharta sebelum pelaksanaan ritual ibadah itu mengatakan, acara sembahyang umat Konghucu merupakan wujud rasa syukur dan kecintaan terhadap Sang Maha Pencipta.

"Kepada siapa lagi manusia menyembah kalau bukan kepada Tuhan Sang Pencipta alam sementa. Mudah-mudahan, dengan kegiatan suci ini, segala berbuatan kedepan dapat mengarah pada yang baik dan bermanfaat," katanya.

Ritual sembahyang usai menyambut detik-detik datangnya Tahun Baru Imlek 2563 dini hari ini, menurutnya ditujukan juga untuk mengenang segala perbuatan Sang Khalik di masa lampau.

"Selain itu, juga untuk memohon diberikan kemudahan dalam mencari rezeki dan sukses dalam meraih cita-cita di Tahun Naga Air sekarang. Segala pekerjaan juga diharapkan dapat diperlancar dan dipermudah," tutur Sidharta.