Gunung Gamalama Meletus Lagi

id gunung gamalama, meletus lagi

Gunung Gamalama Meletus Lagi

Ternate, (ANTARARIAU News) - Gunung api Gamalama di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Minggu sore kembali meletus pada pukul 17.57 WITA. Warga di sana panik menyelamatkan diri walau status letusan masih dinyatakan pada siaga tingkat III.

"Abu vulkanik yang sangat halus sudah menimpa Kota Ternate, " kata Kepala Subbidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Timur, Kristianto, di Ternate, Minggu. Gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut dengan postur sangat lancip itu jelas terlihat dari pusat Kota Ternate dan bisa dibilang mendominasi pulau itu.

"Letusan itu terjadi empat kali dimulai pada pukul 17.57 WITA dengan amplitudo 26 mm dan durasi sekitar 15 menit," katanya. Mengikuti letusan-letusan itu, abu hitam kelabu tebal setinggi 1.000 meter kontan terbentuk dari puncak gunung dan condong ke selatan.

Sebagian warga yang tinggi di sekitar kaki Gunung Gamalama seperti Marikurubu dan Moya keluar rumah dan mengantisipasi berbagai kemungkinan dari letusan susulan.

Sementara itu, Humas Pusat Kendali Bencana Alam Kota Ternate, Sutopo Abdullah, ketika dikonfirmasi meminta warga Kota Ternate tidak panik. "Warga Ternate jangan panik, tapi harus tetap waspada dan Pusat Kendali Bencana Alam Kota Ternate pasti akan menyampaikan apa yang harus dilakukan warga," katanya.