POPNAS - Tim keabsahan atlet pelajar mulai bekerja

id popnas -, tim keabsahan, atlet pelajar, mulai bekerja

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Tim keabsahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mulai bekerja untuk memverifikasi atlet pelajar di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XI di Pekanbaru, Riau, 29 September hingga 6 Oktober 2011.

"Tim keabsahan mulai bekerja untuk memeriksa persyaratan atlet pelajar dari seluruh peserta Popnas," kata Ketua Panitia Pelaksana Popnas XI, Lukman Abbas, di Pekanbaru, Selasa.

Popnas XI akan digelar di Kota Pekanbaru pada tanggal 29 September hingga 6 Oktober 2011.

Lukman menjelaskan, tim independen tersebut dibentuk Kemenpora untuk menjaga agar tak terjadi kecurangan dan manipulasi umur atlet pelajar yang berlaga di Popnas.

Kriterianya persyaratan dilihat dari umur, akte kelahiran, ijazah terakhir, rapor terbaru, surat keterangan dari sekolah, jenis kelamin, foto diri, dan cabang olahraga yang diikuti.

"Tim keabsahan bekerja secara independen," ujarnya.

Ia mengatakan proses verifikasi atlet pelajar digelar tim keabsahan di sekretarian Panitia Pelaksana Popnas di Hotel Holywood di Jl Kuantan Raya, Pekanbaru. Pengurusan berkas atlet pelajar diurus oleh tim "advance" dari tiap provinsi.

Event olahraga yang digelar dua tahun sekali itu akan mempertandingkan 19 cabang olahraga.

Jumlah atlet dan ofisial ada lebih dari 4.000 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah atlet putra mencapai sekitar 2.100 orang, putri 1.517 orang dan sisanya adalah ofisial.

Sedangkan, jumlah medali yang akan diperebutkan antara lain sebanyak 515 emas, perak 515 medali, dan 672 medali perunggu.

Dengan begitu, totalnya ada 1.702 medali yang akan diperebutkan pada Popnas XI/2011.