183 atlet Riau berlaga Popnas XVI/2023 di Palembang

id Pemprov Rau,Riau turunkan 183 atlet pada Popnas XVI,Popnas XVI/2023 di Palembang

183 atlet Riau berlaga Popnas XVI/2023 di Palembang

Riau menurunkan 183 atlet pada Popnas XVI 2023 di Palembang untuk 20 cabang olahraga. Antara/Ho-Humas Pemprov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau menurunkan 183 atlet bertanding ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVIpada 26 Agustus - 4 September 2023 di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Kontingen Popnas Provinsi Riau akan mengikuti 20 cabang olahraga dari 22 cabor yang dilombakan di antaranya angkat besi, atletik, bola basket, bola voli indoor, bulu tangkis, dayung, judo, karate, panahan, dan pencak silat," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat saat melepas kontingen Riau yang berangkat menuju Palembang, Jumat kemarin.

Ia mengatakan kontingen Riau berangkat enam kali mulai 25 - 30 Agustus 2023 dengan jadwal yakni pada 25 Agustus untuk cabang olahraga (cabor) diikuti 12 atlet putra serta 2 pelatih. Cabor tangkis dengan 5 atlet putra dan 1 pelatih.

Keberangkatan 26 Agustus, cabor angkat besi dengan dengan tiga atlet putra dan dua atlet putri serta dua orang pelatih. Cabor balap sepeda dengan dengan tiga atlet putra dan satu atlet putri serta satu pelatih. Bola voli indoor dengan 12 atlet putri dan dua pelatih.

"Semoga pada Popnas 2023 kontingen Riau mampu meningkatkan prestasi atau bisa masuk 10 besar dalam Popnas XVI yang digelar di Palembang itu. Mohon doa dari masyarakat Riau agar Riau bisa memenuhi target," kata Boby.

Cabor lain yang bakal diikuti atlet Riaua adalah, dayung dengan dua atlet putra dan satu pelatih. Cabor menembak dengan masing-masing enam atlet putra dan putri serta tiga pelatih. Cabor panahan dengan tujuh atlet putra dan tujuh atlet putri serta dua pelatih.

Selain itu cabor pencak silat akan diikuti oleh delapan atlet putra dan tiga atlet putri serta tiga pelatih. Berikutnya cabor renang dengan empat atlet putra dan empat atlet putri serta dua pelatih. Cabor Senam dengan dua atlet putra dan dua atlet putri serta 1 pelatih.

"Uutuk Cabor sepaktakraw Riau mengirim 12 atlet putra dan lima atlet putri serta tiga pelatih. Cabor taekwondo dengan dua atlet putra dan empat atlet putri serta dua pelatih. Cabor tinju Riau mengirim enam atlet putra dan empat atlet putri serta dua pelatih," katanya.

Kontingen Riau yang berangkat pada 27 Agustus 2023 adalah untuk cabor judo sebanyak empat atlet putra dan tiga atlet putri serta dua pelatih. Cabor Panjat Tebing dengan lima atlet putra dan lima atlet putri serta dua pelatih. Cabor Wushu dengan enam atlet putra dan empat atlet putri serta dua pelatih.

Delegasi Riau yang berangkat pada 28 Agustus 2023 untuk cabor atletik adalah sembilan putra dan tujuh atlet putri serta empat elatih. Cabor Karate dengan 3 atlet putra dan 3 atlet putri serta 2 pelatih.

"Selain itu untuk atlet yang berangkat 29 Agustus 2023 adalah cabor kempo dengan perwakilan tiga atlet putra dan tiga atlet putri serta dua pelatih. Keberangakatan terakhir pada 30 Agustus 2023 yakni perwakilan cabor dayung dengan denam atlet putra serta satu pelatih," katanya.

Ia mengatakan Riau belum mengirimkan delegasi untuk cabor sepak bola dan tennis lapangan karena tidak lolos untuk Popnas tahun 2023. Popnas digelar dua tahun sekali.

"Pada Popnas tahun 2021 Riau masuk ranking 15 dan untuk tahun 2023 semoga Riau bisa masuk 10 besar. Pada cabor lain Riau juga mengirimkan delegasi adalah renang, sepak takraw, taekwondo, tinju, kempo, panjat tebing, senam, wushu, menembak dan balap sepeda," demikian Boby.