Umum - Stadion Utama PON Riau XVIII Diresmikan Oktober 2011

id umum -, stadion utama, pon riau, xviii diresmikan, oktober 2011

Pekanbaru, 14/9 (ANTARA) - Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, stadion utama untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII sudah rampung dan akan segera diresmikan pada bulan Oktober 2011.

"Stadion utama direncanakan akan diresmikan pada bulan Oktober mendatang, dan setelah itu bisa langsung digunakan," kata Gubernur HM Rusli Zainal kepada ANTARA di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan, lokasi pembangunan stadion utama berada di kawasan Universitas Riau, Pekanbaru. Bangunan itu dirancang untuk mampu menampung 41.000 penonton.

Panitia Besar PON Riau berencana untuk menggunakan stadion tersebut untuk pembukaan PON XVIII pada tanggal 9 September 2012.

"Saat ini masih dalam proses standarisasi dan penyelesaian akhir," ujar Gubernur HM Rusli Zainal.

Gubernur HM Rusli Zainal menambahkan, proses pembangunan stadion tidak mengalami kendala yang berarti.

Dikabarkan sebelumnya, terdapat hambatan akibat sengketa lahan dengan PT Hasrat Tata Jaya (HTJ). Namun, Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan lahan sengketa itu jauh dari lokasi stadion utama.

"Masalah dengan HTJ sudah selesai," kata Gubernur Riau HM Rusli Zainal.

Secara keseluruhan, pembangunan infrastruktur dan berbagai sarana olahraga untuk persiapan PON XVIII 2012 telah mencapai 90 persen.

Gubernur HM Rusli Zainal mengaku, optimistis seluruh persiapan berupa gelanggang olahraga akan rampung pada akhir tahun ini.

Sedangkan, fasilitas pendukung lainnya seperti jembatan, jalan layang, dan ketersediaan pembangkit listrik berdaya 400 megawatt bakal rampung sebelum pelaksanaan PON pada September 2012.