PWI Hijaukan Stadion Utama PON Riau

id pwi hijaukan, stadion utama, pon riau

Pekanbaru, 17/3 (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau melakukan penanaman pohon untuk menghijaukan pelataran stadion utama yang menjadi Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, di Pekanbaru, Kamis.

Ketua PWI Riau Denni Kurnia mengatakan penghijauan bertema "Go Green" itu merupakan salah satu bentuk kepedulian jurnalis terhadap lingkungan.

Ia mengatakan, panitia yang bekerja sama dengan PTPN V menyiapkan sekitar 15.000 bibit pohon untuk ditanam di sekitar stadion tersebut.

"Wartawan bukan sekedar mencari dan menulis berita, tapi juga harus turun langsung serta peduli terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Selain itu, ia mengatakan acara tersebut diharapkan juga dapat membantu menggelorakan PON XVIII di Riau pada 2012. "Go Green" merupakan salah satu kegiatan PWI untuk memperingati Hari Pers 2011 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Acara penanaman pohon itu digelar secara sederhana dan turut dihadiri oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Gubernur menyatakan mendukung program penghijauan yang dilakukan wartawan di Riau.

"Saya berharap penghijauan ini tidak hanya dilaksanakan di venues PON saja, tapi juga di lahan tandus yang tidak terurus," ujarnya.

Ia juga berharap acara tersebut dapat mendorong kesadaran warga untuk melakukan penghijauan, minimal dengan menanam pohon di sekitar rumah masing-masing.

Sementara itu, Humas PTPN V Oce Murat mengatakan bahwa PTPN V sangat mendukung kegiatan Go Green yang ditaja PWI. Secara nasional, BUMN di sektor perkebunan itu menyediakan sekitar 1 milyar bibit pohon angsana, mahoni dan matoa untuk ditanam pada program "Go Green".

"PTPN V bermitra dengan PWI dalam program Go Green. Untuk skala nasional kita menyediakan 1 milyar bibit pohon angsana, matoa dan mahoni," katanya.