Ronaldo cetak gol ke-700 meski Portugal kalah lawan Ukraina

id cristiano ronaldo,timnas portugal,timnas ukraina,kualifikasi euro 2020,kualifikasi piala eropa 2020

Ronaldo cetak gol ke-700 meski Portugal kalah lawan Ukraina

Ekspresi megabintang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Ukraina di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, Senin (14/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang senior Cristiano Ronaldo berhasil mencetak gol ke-700 tapi tak mampu menghindarkan tim nasional Portugal dari kekalahan 1-2 melawan Ukraina dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, Senin setempat (Selasa setempat).

Ronaldo mencetak golnya dari titik putih pada menit ke-72 setelah Taras Stepanenko dianggap menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penalti, demikian catatan laman resmi UEFA.

Megabintang Portugal itu pesepak bola keenam sepanjang sejarah yang mencapai raihan 700 gol dalam kariernya.

Lima pemain lainnya adalah Josef Bican yang pernah membela tim nasional Austria dan Cekoslowakia (kini terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia), Romario (Brasil), Pele (Brasil), Ferenc Puskas (Hongaria dan Spanyol) serta Gerd Mueller (Jerman Barat).

Ronaldo juga kini unggul 27 gol dibandingkan rival abadinya, Lionel Messi, yang kerap dibanding-bandingkan sebagai dua pesepak bola terbaik generasi saat ini.

Hanya saja, tengara Ronaldo itu tak cukup menghindarkan Portugal dari kekalahan sebab Ukraina menang berkat dua gol yang dicetak Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko.

Ukraina lolos

Menjamu Portugal, Ukraina tampil sangat efektif dengan melesakkan dua gol dari empat percobaan tembakan tepat sasaran mereka.

Pada saat bersamaan tim besutan Andriy Shevchenko itu juga sukses merapatkan pertahanannya dari gempuran 24 percobaan tembakan yang dilepaskan Portugal sepanjang laga.

Ukraina berhasil membuka keunggulan lewat serangan pertama mereka pada saat pertandingan baru berjalan enam menit saat Yaremchuk menyambar bola muntah hasil tandukan Sergiy Krivstov yang gagal diantisipasi sempurna kiper Rui Patricio.

Keunggulan itu berganda pada menit ke-27 lewat Yarmolenko yang menyambut umpan silang Vitalii Mykolenko demi memaksa Patricio kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Kendati tampil dominan, Portugal hanya bisa membalas lewat titik putih yang dieksekusi Ronaldo pada menit ke-72, namun keunggulan 2-1 berhasil dipertahankan oleh Ukraina hingga laga usai.

Kemenangan 2-1 atas Portugal memastikan Ukraina jadi tim pertama dari Grup B yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Ukraina saat ini bercokol di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 19 poin dan tak mungkin terkejar oleh Serbia (10) yang menduduki peringkat ketiga dalam dua pertandingan tersisa.

Sementara itu Portugal kini wajib meraih hasil positif di dua laga tersisa jika ingin melaju ke putaran final.

Baca juga: Euro 2020, Ukraina lolos, Portugal dan Serbia bersaing ketat

Baca juga: Kosovo berpeluang besar debut di Piala Eropa


Susunan pemain:

Ukraina (4-1-4-1): Andriy Pyatov; Olexandr Karavaev, Sergiy Krivstov, Mykola Matviyenko, Vitalii Mykolenko (Igor Plastun); Taras Stepanenko; Andriy Yarmolenko, Olexandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Marlos (Yevhen Konoplyanka); Roman Yaremchuk (Viktor Kovalenko)

Pelatih: Andriy Shevchenko

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Bruno Fernandes), Danilo Pereira, Joao Mario (Bruma); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes (Joao Felix)

Pelatih: Fernando Santos