Diskes Hanya Anggarkan Rp 450 Juta Untuk Jamkesda

id diskes hanya, anggarkan rp, 450 juta, untuk jamkesda

Pekanbaru, 2/12 (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru hanya menganggarkan dana sebesar Rp450 juta untuk Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bagi warga kurang mampu pada RAPBD 2011.

"Anggaran yang disediakan untuk Jamkesda itu tidak terlalu banyak hanya Rp450 juta. Padahal dana yang diperlukan yakni Rp5 miliar untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu," ujar Kadiskes Pekanbaru Dahril Darwis di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan untuk menutupi kurangnya anggaran tersebut, pihaknya melakukan bagi anggaran dengan Diskes Provinsi.

"Dengan adanya Jamkesda ini, masyarakat tidak perlu lagi menunjukkan surat keterangan tidak mampu yang berasal dari kelurahan. Cukup menunjukkan kartu Jamkesda, maka layanan kesehatan akan diberikan gratis," tukasnya.

Ia menyebutkan penggunaan surat keterangan tidak mampu acap kali disalahgunakan masyarakat. Oleh karena itu pihaknya menggantinya dengan Jamkesda yang lebih terdata.

Dikatakannya, pemegang kartu Jamkesda akan mendapatkan pelayanan kesehatannya untuk standar kelas III di rumah sakit. Namun pihaknya mengaku belum bisa menyebutkan berapa besar batas biaya yang ditanggung melalui pelayanan kesehatan Jamkesda.

"Namun intinya orang yang masuk kriteria miskin yang mendapat Jamkesda itu biaya pengobatan gratis,"katanya.

Disebutkannya, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan tentang siapa saja yang berhak menerima Jamkesda tersebut. Namun pihaknya memprediksi sedikitnya 9.400 warga Pekanbaru akan ditanggung pelayanan kesehatannya. Sedangkan untuk Riau secara keseluruhan mencapai 201.000 jiwa.