Program TMMD, Pemkab Siak anggarkan Rp3,2 miliar bangun jalan akses sawah

id Program TMMD Siak,bupati siak

Program TMMD, Pemkab Siak anggarkan Rp3,2 miliar bangun jalan akses sawah

Bupati Siak Alfedri bersama Dandim 0322 Siak ketika meninjau lokasi pelaksanaan TMMD tahun 2024 di Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau, (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Siak menganggarkan Rp3,2 miliar untuk pembangunan jalan poros kampung sepanjang 1,3 kilometer bersama dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Ini bukan proyek, namun sifatnya swakelola TNI bersama masyarakat gotong royong atau kerja bakti, mengerjakan jalan ini. Jalan ini kita bangun juga atas permintaan dari masyarakat saat panen raya 2023 lalu, agar akses jalan menuju persawahan bisa di bangun,” kata Bupati Siak, Alfedri, di Siak, Kamis.

Alfedri berharap masyarakat di lokasi kegiatan yakni Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh mendukung program TMMD ini. Menurutnya, puncak acara TMMD ke-119 tahun 2024 ini dibuka 20 Februari mendatang oleh Komandan Resor Militer 031/Wirabima.

Selanjutnya, pada 20 Maret mendatang dilakukan peresmiannya dan diharapkan dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Dia berharap Komandan Distrik Militer 0322/Siak bisa mengundangnya agar jadi sejarah jendral bintang empat mengunjungi kampung tersebut.

"Kami berharap pak bisa undang KSAD TNI membukanya. Jika KSAD datang ke sungai tengah, tentu menjadi satu sejarah, membanggakan ada jenderal bintang empat datang ke Siak,” sebutnya.

Dikatakannya bahwa TMMD merupakan program strategis KSAD TNI sebagai bentuk kerja sama dengan Pemerintah. Tujuannya untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur daerah terpencil dan akses jalan ke areal lumbung pangan seperti Sungai Tengah ini.

Dandim 0322/Siak Letkol (Arh) Riyanto Budi Nugroho mengatakan Program TMMD merupakan sinergitas antara TNI dan Pemkab. Program TMMD merupakan kerjasama dengan pemda yang nantinya membangun jalan untuk kepentingan masyarakat.

“TMMD merupakan program prioritas TNI AD, kita selain menjaga pengamanan dan pertahanan negara juga bagaimana meningkatkan ketahanan pangan nasional, dengan berbaur mendengar keluh kesah masyarakat sehingga kami mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya.