BPBD Siak: cuaca panas dan angin kencang sebabkan api menyala lagi

id karhutla riau, asap, karhutla siak

BPBD Siak: cuaca panas dan angin kencang sebabkan api menyala lagi

Kebakaran lahan di Siak. (istimewa)

Siak, Riau (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siak menyampaikan bahwa hingga saat ini tim masih melakukan upaya pemadaman dan pendinginan di Kecamatan Dayun karena pada titik tertentu api kembali menyala.

"Kebakarannya yang kemarin juga, sebenarnya sudah dingin. Tapi yang didinginkan itu kebanyakan yang dekat sumber air, yang di tengah-tengah ada juga sebagian belum ditangani," kata Kepala BPBD Siak, Syafrijal di Siak, Selasa.

Menurutnya, hal tersebut akibat cuaca yang panas dan angin kencang sehingga api di lahan gambut menyala lagi. Kebakaran tersebut terjadi pada Senin (29/08) di lokasi yang pernah terbakar juga sebelumnya dengan luas mencapai 15 hektare.

Meski begitu, pada dasarnya tim pemadaman awal sudah keliling melakukan penyekatan agar api tidak meluas. Tapi karena lahan gambut, ada sebagian yang tidak terdeteksi untuk dituntaskan.

Kabut asap sendiri menurut warga terpantau pada Selasa pagi dan berkurang hingga siang. Itu karena Siak termasuk salah satu yang mengalami kebakaran lahan dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain di Kecamatan Dayun, kebakaran lahan pekan lalu juga terjadi di Desa Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib. Luasnya mencapai 30 hektare dengan lahan yang terbakar sebagian besar merupakan area perusahaan perkebunan sawit.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Siak menyatakan sudah menginstruksikan kepada tiap pusat kesehatan masyarakat di kecamatan untuk mengantisipasi dampak kabut asap. Akan tetapi pihaknya hanya bisa

memantau dan merasakan dengan kasat mata alat pengukur Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) setempat tidak berfungsi.

"Sudah diinstruksikan ke puskesmas untuk antisipasi, bagipasien yang terdampak agar segera ditanggulangi. Tanpa diperintah pun harus dilaksanakan," kata Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Siak, Sumiyanti.

Maka dari itu, jika jajarannya merasakan ada kabut asap akan diingatkan Puskesmas mempersiapkan masker.Sementara terkait data pasien yang sudah terdampak kabut asap pihaknya mengatakan hal tersebut masih dalam proses rekap.