Arab Saudi berkomitmen sediakan pasok pasar minyak pascaserangan

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Arab Saudi berkomitmen sediakan pasok pasar minyak

Arab Saudi berkomitmen sediakan pasok pasar minyak pascaserangan

Illustrasi: Kapal tanker yang dilaporkan mengalami serangan di Teluk Oman (Ustoday.com)

Dubai (ANTARA) - Arab Saudi berkomitmen menyediakan pasokan minyak yang andal ke pasar-pasar dunia dan telah meningkatkan kesiapan untuk menghadapi setiap ancaman menyusul serangan-serangan atas kapal-kapal pengangkut minyak di Teluk pada Kamis, kata Menteri Energi Khalid al-Falih.

Falih mengutuk serangan-serangan tersebut terhadap kapal-kapal tanker - salah satu di antaranya membawa methanol dari Arab Saudi -- di Teluk Oman, yang menyusul satu serangan bulan lalu terhadap empat kapal, termasuk dua kapal tanker minyak Saudi, di luar perairan wilayah Uni Emirat Arab.

Baca juga: OPEC perpanjang pengurangan produksi, minyak mentah naik hampir tiga persen

"Arab Saudi akan mengambil langkah-langkah yang dirasa perlu untuk melindungi pelabuhan-pelabuhan dan perairan wilayahnya, menyerukan komunitas internasional untuk bekerja sama dengan Kerajaan itu, dan mengambil tanggung jawab guna melindungi keselamatan navigasi maritim dunia," kata Falih dalam satu pernyataan.

Menurut dia, kementerian energi negara pengekspor minyak terbesar dunia itu dan Aramco, perusahaan minyak raksasa negara tersebut, telah meningkatkan level kesiapan untuk menghadapi "aksi teroris agresif" dan menegaskan kembali komitmen kerajaan sebagai pemasokan andal minyak ke pasar-pasar internasional, kantor berita Saudi SPA melaporkan.

Para pejabat Amerika dan Saudi telah menyalahkan Iran atas sabotase tanker-tanker pada 12 Mei di luar pusat gudang Fujairah di UAE yang terletak di luar Selat Hormuz. Teheran membantah tuduhan tersebut.

'Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan AS sudah menilai, berdasarkan informasi intelijen, jenis senjata yang digunakan dan kemampuan yang diperlukan, bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan-serangan Kamis terhadap tanker-tanker di Teluk Oman.

Baca juga: Menteri Energi Arab Saudi mencela serangan terhadap dua tangker Riyadh

Baca juga: Pentagon tuduh IRGC otak di balik serangan tengker di lepas pantai UAE


Sumber: Reuters

Penerjemah: Mohamad Anthoni