Diskop Riau Usulkan Sentra Perdagangan Cendramata PON

id diskop riau, usulkan sentra, perdagangan cendramata pon

Pekanbaru 19/10 (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Riau mengusulkan beberapa lokasi di kota Pekanbaru yang akan dijadikan sentra penjualan cendera mata saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional 2012 mendatang.

"Kami sudah mengajukan beberapa tempat strategis yang dapat digunakan sebagai sentra penjual cendera mata saat pelaksanaan PON mendatang ke Gubernur Riau,"ungkap Kasi sarana dan Prasarana UKM Provinsi Riau Irianto , di Pekanbaru Selasa.

Menurutnya tempat yang letaknya sangat strategis dan mendukung untuk tempat UKM berjualan ,telah diusulkan seperti ,Arena MTQ, Pasar Bawah,dan venus yang juga sudah disediakan oleh masing-masing Kabupaten/Kota.

"Gedung -gedung yang ada di Arena purna MTQ bekas rumah adat Kabupaten/Kota dapat digunakan,untuk menjadi sentra perdaganagn cendera mata ,selain lapangannya yang luas ,tempatnya yang strategis,dan parkiran yang luas ,"urainya.

Dia menjelaskan Pihaknya kini masih menunggu petunjuk dan arahan dari Gubernur Riau,lokasi mana yang akan di tetapkan.

selain lokasi tersebut, menurut Dia selama ini Diskop dan UKM juga sudah memfasilitasi sentra berjualan UKM di Pekanbaru.seperti Pasar bawah, Puja sera dan lapangan terminal simpang tiga .

Namun sejauh ini nampaknya UKM masih kurang meminati lokasi -lokasi tersebut. Mereka masih lebih suka berjualan di pinggiran dan bahu jalan raya yang ramai dan berpotensi menimbulkan kemacetan .

"Kendala yang dihadapi UKM selama ini adalah belum adanya sentra yang bisa dijadikan lokasi strategis untuk berjualan,sehingga banyak UKM saat ini memilih berjualan sesuai dengan keinginan Mereka tanpa memperhatikan ketertiban kota,"urainya.

UKM sering mencari lokasi yang mudah terjangkau,ramai ,meski harus menimbulkan kemacetan, ke semrautan kota .

"Meski pemerintah sudah menyediakan tempat ,namun sering tidak ditempati karena dirasa kurang memberikan keuntungan,"tegasnya.

Untuk itu Dia berharap kedepan lokasi yang telah diajukan ke Pemprov ,dapat di gunakan secara maksimal .Terutama untuk UKM yang akan menjual cendera mata selama PON berlangsung.

"Lokasi MTQ yang tepat di tepi jalan Sudirman dan tidak jauh dari kota dan lapangan terbang ini diharapkan akan memberikan peluang bisnis baru bagi UKM ,jika dikelola dengan baik dan benar,"katanya.(