Haji - Pemko Pekanbaru Hajikan 12 Guru Mengaji

id haji -, pemko pekanbaru, hajikan 12, guru mengaji

Pekanbaru, 7/10(ANTARA)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui program Gerakan Cinta Keluarga Miskin (Gentakin) menghajikan sebanyak 12 orang guru mengaji di 12 Kecamatan yang ada di Pekanbaru.

"Sebanyak 12 guru mengaji tersebut akan dinaikkan haji," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Pekanbaru, Evi Mairoza Herman, di Pekanbaru, Kamis.

Menurutnya, program Gentakin ini dilakukan selama empat tahun. Namun baru tahun ini memberangkatkan haji guru mengaji.

"Guru tersebut merupakan hasil pendataan dari seluruh kecamatan yang ada di Pekanbaru. Kita memang lebih memilih guru mengaji, karena mempunyai jasa yang luar biasa bagi pengembangan akhlak dari generasi muda," jelasnya

Dikatakanya, dana tersebut berasal dari 96 donatur yang ada di Pekanbaru. Donatur tersebut, lanjutnya merupakan warga masyarakat yang mampu dan terdaftar sebagai donatur dalam program Gentakin.

Salah seorang penerima hadiah haji yakni Siti Nurbaya, mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan hadiah haji. Ia mengaku sudah menjadi guru mengaji selama 30 tahun.

"Setiap harinya mengajar mengaji di Masjid Al Hidayah," kata Siti.

Ditambahkannya, ia mengaku tidak akan bisa berangkat haji jika menggunakan biaya sendiri. Menurutnya, gajinya sebagai guru mengaji tidak mencukupi untuk biaya keberangkatan haji. Apalagi, lanjutnya, suaminya juga bekerja sebagai petani.