Armada Kapal Penyeberangan Dumai-Rupat diganti lebih layak

id kmp muria,roro bengkalis,roro bengkalis rupat,bengkalis

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) akan dioperasikan di jalur penyeberangan Dumai-Tanjung Kapal Rupat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Perhubungan Bengkalis Riau akan mengganti amada kapal penyeberangan Feri Dumai - Tanjung Kapal dengan kualitas yang lebih layak.

Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Djoko Edy Imhar mengatakan, digantinya armada kapal ini didasari terhambatnya mobilitas orang dan barang serta jasa yang dapat mengganggu roda perekonomian masyarakat. Khususnya di pulau Rupat yang terus tumbuh dan berkembang.

"Hari ini sekitar pukul 06.00 WIB KM Muria berangkatdari Pelabuhan Telaga Punggur Batam menuju Dumai. Insya Allah, besok sudah tiba di Dumai,” jelas Djoko Edy Imhar, Jumat.

Baca juga: Dermaga Roro Bengkalis Rusak

Selain itu pergantian ini dilakukan atas instruksi Bupati Bengkalis Amril Mukminin itu, yang meminta PT ASDP Indonesia Ferry mengganti KMP Kakap (230 GT) yang hanya mampu menyeberangkan 70 orang dan 12 kendaran campuran dengan yang kapasitasnya lebih besar.

"Alhamdulillah, instruksi Bupati tersebut membuahkan hasil. Berkat koordinasi dengan Dishub Provinsi Riau dan didorong DPRD Bengkalis, KMP Kakap tersebut segera diganti PT ASDP Indonesia Ferry dengan KMP Muria (465 GT)," kata Djoko.

Dijelaskannya, kemampuan angkut KMP Muria untuk orang tiga kali lipat dibandingkan KM Kakap. Jika KMP Kakap hanya 70 penumpang, KM Muria sebanyak 250 orang.

“Sedangkan untuk kendaraan, KMP Kakap hanya 12 unit kendaraan campuran, KMP Muria dua kali lipatnya. 25 kendaraan campuran,” ungkap Djoko.

Baca juga: Bupati Minta Seluruh Karyawan Pelabuhan Roro Berikan Layanan Terbaik

Sementara ketika ditanya kapan KMP Muria akan dioperasikan, mantan Camat Mandau ini mengatakan, secepatnya.

“Sesuai harapan Bupati Bengkalis, segera. Setelah selesai dilakukan ramp check oleh pihak terkait, maka KMP Muria akan segera dioperasikan untuk melayani penyeberangan di lintasan Dumai-Tanjung Kapal (Rupat),” kata Djoko.

Dengan adanya pergantian KMP Kakap dengan KMP Muria ini, apa yang dikeluhkan masyarakat selama ini teratasi dan kualitas pelayanan penyeberangan di lintas Tanjung Kapal-Dumai tersebut semakin baik.

“Bupati Bengkalis juga menghimbau agar perusahaan pelayaran selaku operator (PT ASDP Indonesia Ferry dan PT Jembatan Nusantara), Dishub Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis serta KSOP tetap mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang.

“Selain tetap mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan dalam pemberian pelayanan penyeberangan, juga harus mampu menjamin keselamatan para pengguna jasa penyeberangan. Begitu juga kebersihannya, harus juga selalu dijaga, biar penggunanya nyaman,” ujar Djoko.

Baca juga: Penyeberangan Roro ke Rupat Terhenti, Legislator Bengkalis Minta ASDP dan Operator Kedepannya Tingkatkan Pelayanan

Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar