24 Truk Berjejer di Jembatan Siak IV, Ada apa ya?

id Jembatan Siak IV

Uji beban Jembatan Siak IV

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Dinas PUPR Riau bersama Pihak Kontraktor melakukan load test atau uji beban Jembatan Siak IV dengan menjejerkan sebanyak 24 truk masing-masing bermuatan 34 ton, Jumat.

"Uji beban dilakukan dengan 24 unit truk berkapasitas 34 ton, sampai malam nanti. Uji dinamis untuk melihat goyangan seperti apa, sementara uji statis dengan pola bergerak, empat unit truk dulu yang masuk, ditambah lagi sampai nanti 24 unit. Bebannya nanti diam," sebut Project Manager PT Brantas Abipraya Hidayatullah saat Uji Beban di Pekanbaru, Jumat.

Dia menambahkan, selanjutnya uji beban akan dianalisa oleh tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), hasil uji beban tersebut direkomendasikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapatkan persetujuan.

Baca juga: Uji Beban Februari, Jembatan Siak IV bisa digunakan Maret 2019

"Uji beban hari ini akan dianalisa lagi, kondisi jembatan seperti apa. Apakah ada penambahan gaya atau tidak itu akan diputuskan setelah hasilnya keluar. Hasil ini juga akan menjadi dasar layak operasi atau tidak, " sebutnya.

Jika hasil uji beban telah keluar, sebutnya, maka jembatan Siak IV yang menghubungkan Jalan Sudirman ujung dan Rumbai Pesisir sudah bisa dilalui.

"Untuk lamanya tergantung analisa dari Kementerian, jadi kita tunggu saja. Karena dilewati harus ada sertifikat kelayakan yang ditandatangani MenteriPUPR. Jadi sebelum sertifikat itu keluar, belum bisa dilalui," ucapnya.

Meski hasil uji beban belum keluar, sebutnya, peresmian tetap dilakukan pada 14 Februari ini. "Kita tetap melakukan peresmian seperti yang telah ditetapkan, 14 Februari. Tapi kalau sertifikat kelayakannya belum keluar. Tetap belum bisa dilalui meski sudah diresmikan," sebutnya.

Sementara Kepala DinasPUPR Riau, Dadang Eko Purwanto menambahkan dipastikan peresmian jembatan tetap dilakukan pada 14 Februari ini.

"Dalam beberapa hari ini kita selesaikan. Semua dalam minggu kedepan, pengaspalan, trotoar, pagar kita selesaikan sebelum peresmian," sebutnya.

"Nanti yang meresmikan Gubernur Riau Whan Thamrin, Pak Andi Rachman juga datang begitu juga dengan Gubernur Riau terpilih Syamsuar, juga seluruh unsur lapisan masyarakat hadir," sambungnya.

Baca juga: Tiga Proyek Strategis Riau ditargetkan rampung Januari 2019

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar