Antisipasi Kebakaran, Satgas Karhutla Bengkalis Gelar Apel Siaga

id antisipasi kebakaran, satgas karhutla, bengkalis gelar, apel siaga

Antisipasi Kebakaran, Satgas Karhutla Bengkalis Gelar Apel Siaga

Istimewa

Bengkalis,(Antarariau.com) - Satgas Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (UPIKA) menggelar apel siaga dalam rangka menghadapi musim kemarau di lapangan PT Bukit Batu Hutani Alam (BBHA) Makmur Bukit Batu, Selasa.

Kapolsek Bukit Batu, Kompol Hendrik dalam sambutannya mengajak semua komponen baik perusahaan maupun masyarakat sama-sama menjaga agar tidak terjadi karhutla di daerah Kecamatan Bukitbatu dan BAndar Laksamana sangat mengapresiasi peran serta perusahaan selama ini

"Kami memberikan Apresisasi kepada perusahaan PT BBHA dan Sakato Pratama Makmur (SPM) yang selalu peduli dan tanggap terhadap Karhutla di daerah ini," ujar Kapolsek.

Sekretaris Camat Bandar Laksamana Acil Esyno mengungkapkan bahwa kerjasama yang baik antara perusahaan harus terjaga dengan baik, hendaknya program sosialisasi untuk tindakan pencegahan karhutla kepada masyarakat terus ditingkatkan.

"Kedepan program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) yang dilaksanakan perusahaan sangat bagus untuk merubah paradigma masyarakat dari kegiatan membakar serta sekaligus program DMPA untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar perusahaan," ujar Acil Esino.

FOD Sinar Mas Forestry Terisman mengungkapkan, Perusahaan-perusahaan dalam managemen APP-Sinar Mas Forestry mempunyai target Zero Fire untuk seluruh lahan konsesi perusahaan, karena bagi perusahaan adanya kebakaran merugian yang sangat besar bagi perusahaan, baik yang terjadi di konsesi maupun karhutla yang terjadi bersebelahan dengan konsesi, karena bukan tidak mungkin karhutla yang terjadi diluar konsesi akan menjalar ke kawasan konsesi karena hembusan angin atau faktor lainnya.

"Kami menghimbau dan mengajak kita semua harus waspada mengahadapi musim kemarau 2019 nanti, agar kita jangan lalai dan tagret Zero Fire terhadap lahan konsesi perusahaan bisa terus dipertahankan dan pengawasan terhadap Karhutla harus diitngkatkan," ujar Terisman didampingi Humas PT BBHA Herman Laksamana.

Kegiatan Apel Siaga ini dihadiri oleh UPIKA Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana dan dari Upika Kota Dumai (Kecamatan Medang Kampai) serta dihadiri oleh Pimpinan FOD Sinar Mas Forestry Riau Terisman, Pimpinan PT BBHA, PT SPM, Kepala Desa dan Lurah, Babinsa, Babinkantibmas, Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan kedua Perusahaan, Masyarakat dan Karyawan, dengan jumlah peserta Apel 200 Orang.