Gubernur Riau Ajak Masyarakat Untuk Gemar Makan Ikan Sejak Kecil

id gubernur riau, ajak masyarakat, untuk gemar, makan ikan, sejak kecil

Gubernur Riau Ajak Masyarakat Untuk Gemar Makan Ikan Sejak Kecil

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengajak seluruh masyarakat Riau untuk mensukseskan program pemerintah yaitu gerakan memasyarakatkan makan ikan atau (gemarikan) dimulai sejak kecil.

"Gerakan ini sangat penting untuk generasi penerus bangsa agar sehat dan tumbuh menjadi sdm yang berkualitas, dan siap menghadapi tantangan di masa depan," ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman saat membuka acara lomba masak serba ikan tingkat provinsi Riau dan kampanye makan ikan tahun 2018, selasa, (18/18) di Pekanbaru.

Gubernur juga mengatakan bahwa konsumsi makan ikan masyarakat Riau meningkat daripada tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2017 konsumsi makan ikan 40 kilogram per tahun, pada 2018 menjadi 42,36 kilogram pertahun. Tapi masih dibawah rata-rata nasional sebesar 50 kilogram pertahun.

Perlu diketahui ikan tidak hanya baik bagi orang dewasa tapi juga sangat baik untuk anak kecil dalam masa tumbuh kembangnya karena berpengaruh pada perkembangan otak anak. Kandungan protein pada ikan sangat besar dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, tidak hanya protein, ikan juga kaya akan kandungan omega 3, 6 dan 9 yang sangat baik untuk perkembangan otak.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hj Sisilita Arsyadjuliandi mengingatkan masyarakat akan bahayanya stunting pada ibu hamil. Stunting sendiri merupakan kurangnya gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama dan pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

"Jangan sampai ibu-ibu hamil di Riau terkena stunting, karena sangat bahaya bagi pertumbuhan janin," terangnya.

Dengan gerakan memasyarakatkan makan ikan membuat generasi bangsa menjadi lebih sehat dan pintar. Ia sangat bangga pada tahun 2017 yang lalu, provinsi Riau menjadi terbaik nasional pada lomba masak serba ikan tingkat nasional.

Acara lomba masak serba ikan tingkat provinsi Riau dan kampanye makan ikan tahun 2018 ini ikut dihadiri Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Riau, H.Herman, Ketua TP PKK Provinsi Riau dan Ketua Forikan Riau, Hj Sisilita Arsyadjuliandi, Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Riau, dan masyarakat dan anak-anak tk se-Kota Pekanbaru.