Peluang Berkembangnya Cukup Besar, Pemkab Siak Minat Kembangkan Industri Syariah

id peluang berkembangnya, cukup besar, pemkab siak, minat kembangkan, industri syariah

Peluang Berkembangnya Cukup Besar, Pemkab Siak Minat Kembangkan Industri Syariah

Siak, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau tertarik untuk mengembangkan industri syariah di wilayah setempat karena melihat peluang berkembangnya cukup besar.

"Kami membaca peluangnya cukup besar menjadi produsen dengan beragam komoditi dan produk dalam industri syariah. Dimana pangsa pasar industri syariah ASEAN masih dipegang negara tetangga," ujar Bupati Siak Syamsuar saat kunjungan tim Inovatif Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) dari Badan Ekonomi Kreatif, Kamis.

Menurutnya, industri syariah di Malaysia dan Thailand berkembang pesat karena sudah menerapkan lisensi dan laboratorium halal di sektor pariwisata.

"Semoga bumi Melayu ini kedepannya juga punya lisensi dan laboratorium halal, agar industri syariah di Provinsi Riau bisa bangkit," harapnya.

Peluang industri syariah, lanjut Syamsuar, kini mulai dikenal secara luas. Tidak hanya pada makanan yang berlabelkan halal, tetapi sudah diimplementasikan ke industri perbankan, properti, mode, hingga gaya hidup.

"Saya fikir anak-anak muda Siak cukup bertalenta dan kreatif, namun perlu difasilitasi. Melalui kemitraan Pemkab Siak dan Bekraf ini kami mendorong ekonomi kreatif sebagai sektor penting dari kebangkitan pariwisata daerah yang kental dengan warisan sejarah, budaya, dan alam.

Syamsuar optimis bila ekonomi kreatif bidang industri syariah mampu tumbuh dengan baik di Kabupaten Siak, dan memberi dampak pada penurunan angka pengangguran.

"Saya ingin anak muda kita difasilitasi, baik dari merek, kemasan, maupun pemasaran. Sehingga mereka bisa sukses berkarirenjadi pengusaha," ucapnya.

Irfan, Tim perwakilan Bekraf sangat setuju dengan ide dan gagasan yang disampaikan Syamsuar. Pemikiran Gubernur Riau terpilih itu sejalan dengan program pemerintah pusat yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat "fashion" muslim di dunia.

"Pak Presiden melalui nawacita juga berkeinginan memajukan Indonesia menjadi sentral fashion muslim untuk dunia," kata dia.