Pemkab Kuansing Ajak Masyarakat Tingkatkan Produksi Beras

id pemkab kuansing, ajak masyarakat, tingkatkan produksi beras

Pemkab Kuansing Ajak Masyarakat Tingkatkan Produksi Beras

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan pengelolaan pertanian, khususnya padi sawah, agar berproduksi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah itu.

"Kami berharap masyarakat lebih memperhatikan arahan dari instansi terkait," kata Sekretaris Daerah Pemkab Kuantan Singingi Dianto Mampanini di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan jika semua petani dapat memahami cara pengelolaan pertanian dengan baik, seperti arahan dari instansi terkait, misalnya dari sistem tradisonal menuju modern, hasilnya akan lebih optimal dengan lumbung beras yang diharapkan akan terwujud.

Ia juga mendukung kebiasaan masyarakat petani di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang berdoa di sawah saat musim tanam karena hal itu sebagai bentuk pelestarian budaya.

Namun, katanya, mereka juga harus mengelola tanaman padi dengan baik, antara lain merawat secara intensif dan memberikan pupuk secara teratur sesuai dengan petunjuk petugas lapangan.

"Kuansing ke depan merealisasikan terwujudnya swasembada pangan," katanya.

Dianto Mampanini pada acara "Doa Turun Ke Sawah Musim Tanam 2018" di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Senin (16/7), menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas kegiatan itu.

Ia menyatakan bersyukur karena masyarakat Kenegerian Koto Rajo masih menjaga kekompakan dan kerja sama dengan erat.

"Pemuka adat dan agama maupun unsur pemerintahan juga akan berperan melestarikan budaya dengan baik," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kuantan Singigi Maisir mengatakan saat ini Kuantan Singingi mengalami kekurangan produksi beras sehingga harus mendatangkan dari luar daerah, seperti Sumatera Barat, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Jika petani lebih giat dan terus mengelola padi maka produksi akan meningkat," katanya.

Ia mengatakan semua pihak berupaya untuk mengatasi masalah produksi beras supaya mengurangi ketergantungan pasokan dari luar daerah.

Ia mengatakan petani sebagai tumpuan untuk menghasilkan padi yang lebih banyak sehingga mereka harus terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendapatkan bimbingan yang intensif dalam meningkatkan produksi.