KPU Kuansing Buka Pendaftaran Bacaleg

id kpu kuansing, buka pendaftaran bacaleg

KPU Kuansing Buka Pendaftaran Bacaleg

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau membuka pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) mulai Rabu 4 - 17 Juli 2018, sesuai dengan ketentuan didaftarkan oleh partai Politik.

"Kami menerima pendaftaran selama dua minggu," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuantan Singingi Firdaus Oemar di Teluk Kuantan, Selasa.

Ketua KPU mengatakan, jadwal pendaftaran bagi Bacaleg sudah diumumkan, semua pihak dapat mengetahui dari berbagai sumber, misalnya langsung ke kantor KPU Kuansing, kesempatan itu lebih baik dimanfaatkan sebaik - baiknya.

Ketua KPU juga menyebutkan, proses pendaftaran dari Rabu 4 sampai dengan Senin 16 Juli setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 04.00 WIB dan pada Selasa 17 Juli hingga jam 24.00 WIB, jadwal yang sudah ditetapkan dirasa cukup untuk bagi Bacaleg.

"Panitia sudah siap untuk melayani masyarakat," sebutnya.

Menurutnya, syarat pengajuan bakal calon adalah diajukan pimpinan Parpol sesuai tingkatan dalam hal untuk DPRD Kuansing oleh Ketua Parpol Kabupaten Kuansing dengan jumlah sebanyak 100 persen dari kuota.

Selain itu, kuota bakal calon sebanyak 30 persen keterwakilan perempuan dan disetiap tiga daftar bakal calon wajib terdapat paling sedikit satu bakal calon perempuan, ini sudah sesuai dengan aturan.

"Ini sesuai dengan aturan," tegasnya.

Persyaratan lainnya adalah, telah berumur 21 tahun saat penetapan daftar calon tetap disyahkan, berpendidikan paling rendah SLTA, tidak pernah sebagai narapidana ditetapkan putusan pengadilan memiliki kekuatan hukum dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

"Bukan mantan narapidana dalam kasus Narkoba, kejahatan seksual serta korupsi dan terdaftar sebagai pemilih," ujarnya.

Lebih lengkap sebaiknya semua pihak baik masyarakat maupun Parpol, pinta Firdaus, datang langsung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing, panitia sudah siap melayani dengan baik.