Kontraktor Diminta Jangan Asal Banting Harga

id kontraktor diminta, jangan asal, banting harga

Tembilahan, 7/7 (ANTARA) - Kalangan kontraktor diminta lebih mengedepankan rasionalitas dan tidak main banting harga saat memasukkan penawaran proyek karena tindakan itu berimplikasi terhadap kualitas pekerjaan yang asal jadi.

"Kita minta kepada anggota Gapensi Inhil, agar lebih mengedepankan rasionalitas dalam penawaran suatu proyek sehingga proyek yang dikerjakan benar-benar berkualitas, tidak asal-asalan," kata Ketua Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) Indragiri Hilir, H Suparlan, Rabu.

Menurut dia, sebaiknya kontraktor dalam memasukkan penawaran tidak main banting harga karena kualitas pekerjaan proyek pun diragukan, yang akhirnya dapat merugikan daerah.

Rendahnya nilai penawaran yang tidak mengacu kepada rasio dan realitas di lapangan, katanya, nantinya mengakibatkan proyek yang dikerjakan kualitasnya rendah dan cepat rusak.

"Karena kalau penawaran yang mereka masukkan tersebut tidak berdasarkan pertimbangan yang benar, bukan hanya daerah yang dirugikan. Tapi, kedepannya bisa saja perusahaan yang bersangkutan akan di-'black list', sehingga mereka rugi tidak dapat ikut pelelangan proyek lagi," katanya.

Karena itu, katanya, kontraktor diharapkan tidak hanya mengejar proyek, tapi juga memikirkan hasil dari pekerjaannya.