Kota Pekanbaru Lengang Saat Lebaran, Toko-Toko Tutup dan Parkiran Kosong

id kota pekanbaru, lengang saat, lebaran toko-toko, tutup dan, parkiran kosong

Kota Pekanbaru Lengang Saat Lebaran, Toko-Toko Tutup dan Parkiran Kosong

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, tampak lengang pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat.

Suasana kota yang sebelumnya ramai dan lalu lintas macet jelang Lebaran, kini tampak sepi dan hanya terlihat beberapa kendaraan yang melintas.

Seperti di Jalan Diponegoro dan Gajah Mada, jalan protokol di pusat kota terlihat lengang dan arus lalu lintas tampak lancar.

Hal serupa juga terlihat di kawasan bisnis di Jalan Sudirman, tepatnya di Pasar Sukaramai. Toko-toko terlihat tutup dan parkiran banyak kosong.

Kondisi ini kontras dengan keadaan sehari sebelumnya saat ribuan warga berbelanja keperluan Lebaran hingga malam hari. Pada hari biasa, Pasar Sukaramai kerap menjadi titik kemacetan lalu lintas.

Kondisi kota juga sepi karena sebagian besar warganya mudik ke luar daerah, seperti ke Jakarta, Batam, Padang dan Medan.

Toko-toko, rumah makan dan cafe di area Jalan Ahmad Dahlan juga terlihat banyak tutup. Sebagian besar pemilik bisnis meliburkan pekerjanya untuk merayakan Lebaran.

"Kafe saya tutup sekitar seminggu, sampai Kamis minggu depan," kata Zamzami, pemilik Kafe Kopikirapa.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan cuaca di Provinsi Riau cerah berawan pada hari Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat.

"Dari pagi sampai siang hari dan malam hari, cerah berawan," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno, dalam pernyataan pers yang diterima Antara.

Kondisi cerah berawan menjadi sangat cocok bagi masyarakat untuk berpergian untuk silaturahmi pada hari Lebaran karena cuaca teduh dan sinar matahari tidak terasa terik.

Meski begitu, analisa BMKG menyatakan, pada siang hari ada potensi hujan ringan yang bersifat lokal di sebagian wilayah.

Daerah dengan kemungkinan hujan ada di Riau bagian tengah hingga pesisir utara, seperti di Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Kepulauan Meranti dan Indragiri Hilir.

Kondisi cerah berawan juga diperkirakan terjadi pada malam hari, sedangkan potensi hujan ringan yang bersifat lokal di sebagian wilayah Kabupaten Rohil, dan Rohul.

***4***