Aplikasi Virtual Safari Karya Mahasiswa PCR Memukau Pengunjung IPA Convex 2018 di Jakarta

id aplikasi, virtual safari, karya mahasiswa, pcr memukau, pengunjung ipa, convex 2018, di jakarta

 Aplikasi Virtual Safari Karya Mahasiswa PCR Memukau Pengunjung IPA Convex 2018 di Jakarta

Jakarta, (Antarariau.com) - Karya Mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) mendapatkan kesempatan untuk ditampilkan dalam acara Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition 2018 (IPA Convex 2018) di Jakarta. Acara ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) sejak 2 hingga 4 Mei 2018.

Selain Robot laba-laba yang ditampilkan, pada perhelatan ini juga diperkenalkan aplikasi Virtual Reality (VR) dengan tema Virtual Safari karya Proyek Akhir Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi PCR, Fadly Napril Marshal dan Fadhlul Hadi.

Virtual Safari memberikan pengalaman berada pada lingkungan kebun binatang virtual yang dikemas dalam bentuk animasi 3 dimensi. Aplikasi Virtual Safari juga diperkuat dari sisi edukasinya. Pengetahuan dan pengalaman yang didapat langsung dapat diuji dalam bentuk aplikasi quiz yang terintegrasi dalam aplikasi ini.

Virtual Safari bisa dinikmati dengan menggunakan alat VR berupa kacamata kompleks yang dilengkapi dengan perangkat audio sehingga pengguna juga dapat mendengar suara yang khas dari hewan pada animasi.

Kedepan, aplikasi yang berbasis Virtual Reality akan menjadi salah satu trend pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sejalan dengan kegiatan IPA Convex ini, VR bisa juga digunakan untuk mendukung aktivitas usaha pertambangan, minyak dan gas bumi.

IPA Convex 2018 ini dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo dan dihadiri oleh 1.500 peserta dan 116 perusahan migas nasional dan internasional yang menampilkan karya ilmiah dan poster.