Pemkab Siak Segera Menyiapkan Tiga Kawasan Transmigrasi Untuk Warga Lokal

id pemkab siak, segera menyiapkan, tiga kawasan, transmigrasi untuk, warga lokal

Pemkab Siak Segera Menyiapkan Tiga Kawasan Transmigrasi Untuk Warga Lokal

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau Tengah mempersiapkan kawasan transmigrasi yang ditargetkan berada di tiga kecamatan yakni Bunga Raya, Sabak Auh dan Sungai Apit.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Siak, Amin Budyadi di Siak, Rabu mengatakan, Pemkab Siak sedang menyusun Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) yang mempriotaskan warga lokal.

"Calon transmigran yang akan didatangkan dari luar daerah itu disisipkan dengan tujuan sebagai motivator bagi yang lainnya," kata Amin Budyadi.

Namun pihaknya mengaku belum dapat membeberkan perhitungan secara pasti berapa besaran persentase yang akan diberikan untuk transmigran.

Amin memastikan akan memberikan porsi yang lebih besar untuk calon transmigran lokal. Sementara untuk rencana lokasi transmigrasi, kata dia Pemkab Siak sudah mempersiapkan tiga kecamatan.

"Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) tersebut meliputi kecamatan Bunga Raya, Sabak Auh dan Sungai Apit," sebutnya.

Ditambahkannya, untuk realisasi program tersebut akan dilakukan setelah Rencana Kawasan Transmigrasi disahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar menyebutkan, Pemkab Siak berkomitmen penuh menyukseskan kebijakan yang tengah digagas pemerintah pusat dalam rangka pemerataan pembangunan.

"Kami menginginkan adanya upaya pengembangan transmigrasi penduduk yang bersinergi dengan program perhutanan sosial," kata Syamsuar usai mendengarkan arahan Direktur Bina Potensi Kawasan Transmigrasi.

Dia katakan, sesuai ketentuan di kawasan perhutanan sosial yang direncanakan, harus mengakomodasi adanya pemukiman transmigran, sebab ciri pembangunan transmigrasi adalh pengakuan hak kepemilikan tanah bagi transmigran.