Pemkab Siak Disarankan Untuk Terapkan Sistem Layanan Rujukan Terpadu

id pemkab siak disarankan untuk terapkan sistem layanan rujukan terpadu

Pemkab Siak Disarankan Untuk Terapkan Sistem Layanan Rujukan Terpadu

Siak (Antarariau.com) - Kementerian Sosial menyarankan pemerintah Kabupaten Siak menerapkan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin di wilayah setempat.

Kepala Seksi Pekerja Sosial Direktorat Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial, Luluk Sugianto saat kunjungannya untuk Bimtek SLRT di Kantor Bupati Siak, mengatakan, sistem ini untuk membantu pemerintah daerah dalam mengidentifikasi keluhan masyarakat sekaligus menyodorkan solusinya.

"Serta untuk menampung dan menyelesaikan segala persoalan layanan pemerintah kepada masyarakat terutama warga miskin," kata dia, Rabu.

Selain itu, lanjut dia, untuk mengakurasikan profil penerima dan memudahkan pemerintah untuk memonitor penyaluran program sosial dan meminimalisir segala bentuk penyelewengan. Program SLRT ini sudah berjalan di kabupaten/kota lain.

"Untuk itu kami menunjuk Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru sebagai daerah percontohan penerapan SLRT untuk daerah provinsi Riau. Karena Siak telah siap untuk melaksanakan program ini, makanya hari ini dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) SLRT dan Pusat Kesejahteraan Sosial," terang Luluk.

Dijelaskan Luluk, kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pemerintahan yang ada di kampung tentang penyusunan data masyarakat penerima bantuan baik dari daerah maupun pusat.

SLRT merupakan lembaga penampung segala aduan masyarakat mengenai akses sosial kepada mereka. Sistem tersebut juga akan menyalurkan aduan kepada kementerian atau dinas terkait.

Pada pelaksanaannya, masyarakat yang mempunyai kendala dalam mendapatkan akses sosial dapat mendatangi SLRT di setiap daerah dengan menyebutkan persoalan yang dihadapinya.

SLRT berkewajiban untuk menyalurkan dan memastikan keluhan masyarakat bisa terselesaikan. Keberadaan SLRT juga diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat miskin mengenai hak-hak mereka untuk mendapatkan layanan sosial.

Dari sisi pemerintah, keberadaan SLRT akan memberikan manfaat antara lain meningkatkan efisiensi dan kemudahan penjangkauan program dasar. Profil penerima manfaat yang dimiliki SLRT bisa digunakan pemerintah untuk meningkatkan sinergi dan integrasi berbagai program penanggulangan kemiskinan.

Sementara itu Wakil Bupati Siak Alfedri sangat mengapresiasi program Kementerian Sosial tersebut. Dia katakan, banyaknya persoalan pelayanan masyarakat miskin yang belum terselesaikan menyebabkan penanggulangan kemiskinan belum maksimal di wilayah itu.