Helikopter Yang Perangi Kebakaran Hutan Jatuh di Portugal

id helikopter, yang perangi, kebakaran hutan, jatuh di portugal

 Helikopter Yang Perangi Kebakaran Hutan Jatuh di Portugal

Lisabon, Portugal, (Antarariau.com) - Satu helikopter yang sedang memerangi kebakaran hutan di Viseu, Portugal Utara, jatuh pada Ahad (20/8), dan menewaskan pilotnya, kata Kantor Berita Portugal, Lusa.

Komandan Lembaga Perlindungan Sipil Nasional Portugal Rui Esteves mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa helilkiopter dari Perusahaan Everjets tersebut menimpa kabel tegangan tinggi, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. Helikopter itu terbakar dan jatuh ke tanah di Castro Daire Viseu, sekitar 320 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Portugal, Lisabon, pada pukul 12.25 waktu setempat.

Pilot helikopter tersebut, yang telah terlibat dalam berbagai misi pemadam kebakaran hutan sejak 2013, tewas, ia menambahkan.

"Pilotnya adalah satu-satunya penumpang di dalam helikopter itu dan sayangnya ia tidak selamat. Ia berusia 51 tahun berkewarganegaraan Portugal dan berpengalaman sebagai pilot pemadam kebakaran," kata Perusahaan Everjets di dalam satu pernyataan.

Perusahaan itu mengatakan Everjets akan melakukan penyelidikan mengenai kecelakaan tersebut.

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa ia sangat menyesalkan tewasnya pilot helikopter itu, korban baru dari kebakaran hutan mengerikan di negeri tersebut.

Presiden Portugal itu juga menyampaikan "belasungkawanya yang paling dalam kepada keluarga yang berduka".