Warga Apresiasi Pelayanan Pendaftaran Berobat Via SMS Di RSUD Pekanbaru

id warga apresiasi, pelayanan pendaftaran, berobat via, sms di, rsud pekanbaru

Warga Apresiasi Pelayanan Pendaftaran Berobat Via SMS Di RSUD Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Warga mengakui sangat terbantu dengan layanan baru pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, di Kota Pekanbaru, yang memudahkan sistem pendaftaran berobat jalan dengan pesan singkat telepon seluler atau SMS.

"Keluarga saya merasa sangat dimudahkan dalam pendaftaran, karena menghemat waktu dan energi," kata seorang warga Pekanbaru, Rudi Kurniawansyah (35), Selasa.

Manajemen RSUD Arifin Achmad pada awal Agustus ini mulai melakukan inovasi berbasis teknologi informasi dengan meluncurkan program pendaftaran berobat jalan di poliklinik cukup dengan mengirim pesan singkat SMS. Rudi mengatakan langsung mencobanya dan berhasil untuk mendaftarkan ibunya berobat jalan.

"Saya daftar dua hari sebelum tanggal berobat yang diinginkan. Langsung dapat respon SMS balasan dengan cepat, dan tarif SMS juga normal," ucapnya.

Menurut dia, layanan tersebut memudahkan ibunya yang berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan karena tidak perlu antre pendaftaran di RSUD sejak pagi.

"Kalau sebelumnya, kami harus antre dari pagi hari untuk mendaftar," ujarnya.

Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi MARS di Pekanbaru, mengatakan layanan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya meningkatkan pelayanan dan kemudahan terhadap pasien yang ingin berobat jalan.

"Dengan layanan ini, pasien bisa lebih menghemat waktu dan tidak perlu antre terlalu lama di rumah sakit menunggu giliran karena bisa mendaftar lewat SMS dari manapun dia berada," ujarnya.

Format SMS pendaftarannya, yakni DAFTAR (Spasi) KODE POLI (Spasi) NO RM(TANGGAL KUNJUNGAN) kirim ke 08117670047. "Contohnya, seperti DAFTAR ANK 123456 30112018," ujarnya.

Ketentuan pendaftaran melalui SMS hanya berlaku untuk pasien ulangan. Pendaftaran dapat dilakukan paling lama 30 hari sebelum waktu kunjungan. Serta selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB sehari sebelum waktu kunjungan.

Para pandaftar harus memastikan telah mendapat SMS balasan dari pihak rumah sakit. Pasien yang telah terdaftar pada hari kunjungan agar melapor ke loket SMS untuk konfirmasi kunjungan.

Untuk mengetahui nama dan kode poli, bisa diketahui dengan cara sms. Formatnya ketik: INFO (spasi) POLI kirim ke 08117670047.

Pasien juga bisa mengetahui nama dokter yang bertugas di poliklinik dengan cara ketik: INFO(Spasi)DOKTER(Spasi)KODE POLI kirim ke 08117670047.

Nuzelly mengatakan pihaknya sudah mensosialisasikan dan mengujicobakan program ini selama dua bulan terakhir. Sosialisasi internal ini terutama untuk dokter, perawat, rekam medik, rawat jalan dan pihak yang terkait lainnya.