Gapoktan Siak Terima 10 Traktor Roda Empat Bantuan APBN

id gapoktan siak, terima 10, traktor roda, empat bantuan apbn

Gapoktan Siak Terima 10 Traktor Roda Empat Bantuan APBN

Siak (Antarariau.com) - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Siak mendapatkan bantuan alat mesin pertanian atau alsintan berupa 10 unit traktor roda empat dari dana APBN yang diserahkan di Kampung Jayapura, Kecamatan Bungaraya.

"Dengan adanya bantuan mesin pertanian ini diharapkan petani bisa mengolah sawahnya lebih baik lagi ke depannya. Pemerintah akan selalu berupaya untuk memberikan bantuan untuk peningkatan produksi padi," kata Bupati Siak Syamsuar di Siak, Kamis.

Menurut dia, peningkatan produksi padi ini tentunya menyangkut dengan target dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah kabupaten Siak dan nasional secara umum.

"Untuk itu dengan bantuan yang diberikan kepada petani ini bisa memberikan dampak yang baik terhadap kemajuan dan pemanfaatan secara maksimal dalam rangka meningkatkan produksi padi yang ada di Kabupaten Siak" katanya.

Sebelumnya, Bupati Siak bersama Dandim dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak melakukan panen perdana di lahan seluas 74 hektar milik dua kelompok tani pada Selasa (4/7). Hasil panen tersebut mencapai enam ton dalam satu hektarenya. Sedangkan panen selanjutnya di Kecamatan Bungaraya seluas 2.202 hektare.

"Mari jaga bersama-sama jangan sampai ada impor pangan dan alih fungsi lahan pertanian lagi khususnya di Kecamatan Bungaraya. Apalagi kita sudah ada peraturan daerah (perda) untuk mengaturnya," kata Syamsuar.

Sementara itu, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi juga berharap hal yang sama. Dengan terealisasinya bantuan traktor sebanyak 10 unit tersebut bisa membantu para petani yang ada di Kabupaten Siak.

"Ini bentuk upaya kerja keras untuk kita bersama, kalau masyarakat makmur, maka bakalan enak ngatur negara. Semoga keberhasilan pertanian di Siak ini bisa semakin baik," ungkap Rizal.

Ia juga mengatakan, capaian luas tanam yang ditetapkan nasional maupun propinsi sudah melebihi dari target yang ditetapkan.

Ini tak luput dari kerja sama dinas terkait dan TNI dalam memajukan usaha tani serta dapat menciptakan suasana manunggal antara TNI dengan petani.