Danrem 031/Wirabima: TNI Siap Bantu Polri Amankan Natal

id danrem 031wirabima, tni siap, bantu polri, amankan natal

Danrem 031/Wirabima: TNI Siap Bantu Polri Amankan Natal

Pekanbaru (Antarariau.com) - Tentara Nasional Indonesia yang tergabung dalam Korem 031/Wirabima siap membantu Polri dalam mengamankan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di wilayah Provinsi Riau.

"Sebagai prajurit, kami turut mengemban tugas dalam pengamanan negara, Korem 031/Wirabima menyatakan siap membantu pihak kepolisian dalam mengamankan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017," kata Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi M.Si (Han) saat melaksanakan Rapat Staf dengan Para Dandim, Kasatdisjan dan Kabalakrem jajaran Korem 031/Wirabima di Pekanbaru, Sabtu.

Danrem menjelaskan telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya mulai dari tingkat Babinsa, Koramil, Kodim hingga Korem untuk berkoordinasi dengan Aparat kepolisian.

"Koordinasi ini untuk bekerjsama menjamin situasi yang kondusif," teran Nurendi.

Selain itu, lanjutnya, sinergitas antara personil TNI dan Polri semakin erat dilakukan untuk mengamankan situasi pada liburan menjelang Natal dan Tahun Baru, meski perlu didukung peran serta masyarakat.

"Dalam pengamanan itu TNI tidak berdiri sendiri, bahkan pengamanan tergantung dari kepolisian," tegasnya.

Sebut Nurendi prinsipnya seberapa yang diminta untuk membantu kepolisian TNI akan mendukung. intinya begitu.

"Diseluruh wilayah," katanya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Daerah (Polda) Riau telah melakukan gelar pasukan "Operasi Lilin" dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Pembukaan gelar pasukan tersebut bertindak inspektur upacara, Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang dihadiri Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman, Danrem 031/WB dan Danlanud Roesmin Nurdjadin di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman Pekanbaru, Kamis (22/12).

Peserta gelar pasukan itu terdiri dari pasukan TNI / Polri di Riau, Dari Satpol PP Kantor Gubernur Riau, SAR Provinsi Riau, Senkom Provinsi Riau dan perwakilan pelajar sekolah di Kota Pekanbaru.

Beberapa peralatan yang turut disiapkan antara lain mobil ambulance, water canon, pemadam kebakaran dan beberapa peralatan lainnya.

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan bahwa apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Perayaan Natal dan Tahun Baru, kata Zulkarnain merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di indonesia.

"Karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi atau perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, dan ini perlu diantisipasi Polri dalam Operasi Lilin," kata Zulkarnain.

Polri diseluruh Indonesia mempersiapkan personil yang mengamankan operasi sebanyak 85.744 personil yang terdiri dari berbagai Instansi yakni dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan Pramuka yang siap menampung keluhan dan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat yang merayakannya.