Permudah Akses Masyarakat, Dinsosnaker Kuansing Buka Program Isolasi Daerah

id permudah akses, masyarakat dinsosnaker, kuansing buka, program isolasi daerah

Permudah Akses Masyarakat, Dinsosnaker Kuansing Buka Program Isolasi Daerah

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau merealisasikan program untuk membuka isolasi daerah dengan membangun jalan padat karya untuk mempermudah transportasi masyarakat.

" Ini untuk membantu mempermudah distribusi hasil pertanian warga, selain membuka lapangan kerja baru," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Kuantan Singingi Muharlius, di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, salah satu program unggulan adalah padat karya yang saat ini sangat ditunggu memasyarakat karena membantu ekonomi warga juga menciptakan lapangan kerja baru bagi sejumlah orang walaupun sifatnya sementara.

Masyarakat membutuhkan kerja, butuh penghasilan tambahan selain mengandalkan hasil pertanian yang menjadi sumber penghidupan keluarga, apalagi disaat ekonomi lagi lesu.

" Semakin besar kegiatan padat karya maka semakin tinggi kesempatan kerja," sebutnya.

Kepala Bidang (Kabid) Ketenagakerjaan Disosnaker Kuansing Erdialis menambahkan, adapun program Padat Karya yang akan dilakukan adalah membuka akses jalan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekaligus membuka isolasi daerah.

" Program itu juga dapat meningkatkan perekonomian," terangnya.

Jika jalan sudah ada maka semua kegiatan masyarakat misalnya transportasi hasil pertanian dan perkebunan lebih cepat dan mudah bahkan produksi ikan yang saat ini sedang tumbuh di wilayah tersebut akan lebih mudah dipasarkan.

Dicontohkannya, selain pelaksanaan kegiatan Padat Karya dilaksanakan di Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah dan Desa Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar, untuk Desa Seberang Teluk difokuskan pada peningkatan jalan desa menuju Desa Pulau Kedundung, sepanjang 850 meter dengan lebar 4 meter.

Sementara untuk Desa Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar, berupa semenisasi jalan sepanjang 450 meter dengan lebar 2 meter menuju pasar desa dan kebun karet masyarakat, untuk pelaksanaannya membutuhkan tenaga kerja lokal. (ADV)