Permudah Akses Kesehatan Masyarakat, Lima Puskesmas Siak Naik Kelas

id permudah akses, kesehatan masyarakat, lima puskesmas, siak naik kelas

Permudah Akses Kesehatan Masyarakat, Lima Puskesmas Siak Naik Kelas

Siak (Antarariau.com) - Lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau akan ditingkatkan menjadi rumah sakit pratama untuk mempermudah warga memperoleh akses layanan kesehatan tanpa harus ke pusat kota.

"Memang akan ada lima Puskesmas di kabupaten Siak yang akan ditingkatkan menjadi rumah sakit pratama. Bisa jadi itu dibangun baru, atau meningkatkan Puskesmas yang ada," ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Siak Tony Chandra di Siak, Kamis.

Tony Chandra merincikan kelima Puskesmas tersebut berada di Kandis, Kerinci Kanan, Sungai Apit, Minas dan Perawang.

Dia menerangkan, untuk pembangunan atau pengembangan pada 2017 akan dilakukan terlebih dahulu di Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang yang sudah masuk ke tahap persiapan dan Detail Enginering Desain (DED).

"Senin kemarin (13/2) kami juga sudah meninjau ke Kecamatan Kerinci Kanan untuk pembangunan rumah sakit pratama. Tahun ini bisa satu atau dua Puskemas yang dimulai tahap pengerjaan untuk ditingkatkan jadi RS Pratama. Melihat kondisi keuangan daerah," katanya lagi.

Dia menuturkankan, saat ini Kabupaten Siak baru memiliki satu rumah sakit yang terletak di ibukota. Hal tersebut mengakibatkan daerah-daerah kecamatan kesulitan mendapat fasilitas pelayanan kesehatan.

"Meskipun masing-masing kecamatan memiliki Puskesmas dan Puskesmas pembantu, namun pada kondisi yang cukup serius mereka harus merujuk ke RSUD Siak bahkan daerah lain yang jangkauannya lebih dekat dari daerahnya," terang Tony.

Penambahan rumah sakit ini, lanjut Tony, merujuk pada program Bupati Siak dan pemerintah pusat yakni dalam mendekatkan masyarakat untuk pemenuhan akses fasilitas kesehatan.

Selain itu pihaknya juga mengusulkan enam Puskesmas untuk dinilai guna memperoleh akreditasi dari tim surveyor kementerian kesehatan RI.

Oleh: Nella Marni