Tingkatkan SDM, Pemkab Siak Teken MOU Dengan Pihak LPDP

id tingkatkan sdm, pemkab siak, teken mou, dengan pihak lpdp

Tingkatkan SDM, Pemkab Siak Teken MOU Dengan Pihak LPDP

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah kabupaten Siak, Provinsi Riau, menandatangani nota kesepahaman dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia daerah setempat.

"Hari ini kita menandatangani kerjasama dengan pihak LPDP untuk meningkatkan kualitas SDM kabupaten Siak lewat jenjang pendidikan yang lebih tinggi," kata Bupati Siak Syamsuar saat sambutannya usai MoU, Rabu.

Lebih lanjut katanya sesuai visi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 yakni terwujudnya Kabupaten Siak yang maju dan sejahtera dalam lingkungan masyarakat yang agamis, dan berbudaya melayu serta menjadi tujuan pariwisata.

"Untuk mewujudkan itu yakni dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ketersedian SDM yang berkualitas adalah salah satu cara pembangunan bangsa. Kabupaten Siak juga harus memiliki daya saing layaknya daerah lainnya," kata Bupati lagi.

Dia juga mengatakan bahwa kerjasama ini sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas SDM di kabupaten Siak. Pada daerah setempat baru lima orang jajaran ASN yang tamatan doktor atau S3.

"Saya selaku pemimpin juga ingin Siak seperti daerah-daerah yang ada di pulau Jawa sana. Dimana SDMnya mempunyai kualitas dan pendidikan yang tinggi," katanya.

Dengan adanya sosialisasi langsung dari LPDP ini, akan semakin banyak pemuda-pemuda Siak yang mendapat beasiswa untuk bersekolah lebih tinggi bahkan sampai ke luar negeri. Katanya jika sekarang baru empat orang yang meraih beasiswa LPDP semoga tahun-tahun selanjutnya akan lebih banyak lagi.

Dia berharap dengan adanya kerjasama dengan LPDP, pemuda-pemuda Siak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dan doktor. Hal yang sama juga berlaku untuk para pegawai negeri sipil pemerintah kabupaten Siak.

"Kami sangat menyambut baik atas dukungan dari LPDP untuk meningkatkan SDM di kabupaten Siak. Kami berharap kepada semua tamu undangan agar dapat mengikuti dengan baik agar putra-putri daerah, pegawai sipil dapat memanfaatkan dari kerjasama ini," tutupnya.

Nota kesepakatan kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Siak Syamsuar dan Direktur Perencanaan dan Usaha Pengembangan Dana Pendidikan Kementerian Keuangan Mokhamad Mahdum selalu perwakilan LPDP.

Oleh: Nella Marni