Bupati Bengkalis: Pengisian Jabatan Bukan Atas Dasar Suka Atau Tidak

id bupati bengkalis, pengisian jabatan, bukan atas, dasar suka, atau tidak

Bupati Bengkalis: Pengisian Jabatan Bukan Atas Dasar Suka Atau Tidak

Bengkalis (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau kembali melantik 74 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Ruang Serba Guna Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin.

Pada pengambilan sumpah dan pelantikan yang kali ketiga dilakukan oleh Bupati Bengkalis tersebut, sejumlah pejabat yang pada pelantikan pertama dan kedua tertindih alias non-job karena digantikan orang lain, kembali dipakai Amril.

"Setiap pengisian jabatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bukan didasarkan faktor suka atau tidak suka, kedekatan personal, hubungan kekeluargan, atau hal-hal lain yang bersifat subjektivitas," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, saat pengambilan sumpah para pejabat.

Ia mengatakan, selain integritas dan loyalitas, hal yang menjadi pertimbangannya dalam mendudukkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam sebuah jabatan, adalah nilai pengabdian dan komitmen yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan selama ini.

Adapun pejabat yang sempat non job dalam sebulan terakhir yang kembali dilantik yaitu Mantan Kepala Bagian (Kabag) Pengelolaan Data Elektronik Sekretariat Daerah Bengkalis, Suparman yang digantikan oleh Hadi Prasetyo, kini menduduki jabatan baru sebagai Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Bengkalis.

Kemudian M Fadlul Wajdi, Mantan camat Bukit Batu yang digantikan Reza Novendra juga dilantik sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengkajian Masalah Strategis Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan.

Selanjutnya, Firdaus. Mantan Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Bengkalis ini yang sejak 8 September lalu juga non job akibat jabatannya diisi orang lain, dilantik kembali sebagai Kabid Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi dan UMKM.

Selain ketiga nama tersebut, masih ada beberapa nama yang sebelumnya sempat non job dan hari ini kembali dilantik Amril. diantaranya mantan Camat Bantan Hendrik Dwi Yatmoko sebagai Kabid Politik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Kemudian mantan Kabag Tatap Pemerintahan, Abdul Harris dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan, selanjutnya, mantan Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Bengkalis Bambang Irawan dilantik sebagai Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan.

"Dari hati kecil yang paling dalam, saya sama sekali tidak pernah memiliki keinginan untuk menonjobkan seseorang. Apalagi hal itu dilakukan karena faktor like or dislike atau adanya faktor subjektivitas tertentu. Maunya saya justru sebaliknya, kalau bisa semua PNS yang saat ini menduduki sebuah jabatan tetap memegang jabatan," katanya menegaskan.

Sementara itu, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang diambil sumpah dan dilantik Amril adalah H TS Ilyas yang sebelumnya merupakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bengkalis ini menduduki jabatan sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis yang sebelumnya dijabat oleh H Hermanto Baran sebagai Pelaksana Tugas.

Namun demikian, hingga saat ini tetap masih ada beberapa pejabat yang masih nonjob karena mutasi yang dilakukannya.