Didaulat Tuan Rumah MTQ Bengkalis, Wisata Rupat Utara Sekaligus Dipromosikan

id didaulat tuan, rumah mtq, bengkalis wisata, rupat utara, sekaligus dipromosikan

Didaulat Tuan Rumah MTQ Bengkalis, Wisata Rupat Utara Sekaligus Dipromosikan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau didaulat sebagai tuan rumah perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2016 ini.

"Agar tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tetapi juga sukses secara ekonomi dan untuk mempromosikan berbagai potensi wisata di kecamatan ini, kami berharap mulai sekarang, berbagai persiapan untuk itu sudah dilakukan dengan baik,” kata Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad di Bengkalis, Senin.

Ia mengatakan, selain sebagai helat religi tahunan, masyarakat di daerah itu diharapkan bisa memanfaatkan pelaksanaan MTQ yang akan diikuti delapan Kecamatan se kabupaten itu sebagai wahana untuk mempromosikan wisata di kecamatan yang letaknya bersinggungan dengan Selat Malaka tersebut.

Sementara itu, terkait dengan promosi wisata selama pelaksanaan MTQ ke-41 tingkat kabupaten nantinya, Muhammad menyarankan agar diadakan kegiatan seperti tour wisata untuk seluruh kafilah.

"Misalnya melakukan kunjungan ke pulau Beting Aceh. sebab, selain relatif lebih murah, kunjungan demikian memiliki dampak ekonomis jangka panjang yang sangat besar,” ujarnya.

Menurut dia, melalui foto-foto peserta MTQ yang mengunjung Beting Aceh atau tempat wisata lainnya yang diunggah ke media sosial misalnya, akan membuat keindahan pulau tersebut semakin tersebar luas dan dikenal banyak orang.

"Tentu saja membuat calon wisatawan kian tertarik untuk datang mengunjungi Rupat Utara,” ujar Muhammad lagi.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri mengatakan untuk waktu pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten tersebut belum dipastikan kapan positif pelaksanaannya.

“Kemungkinan besar pelaksanaan akan dilaksanakan setelah lebaran, karena jika dilaksanakan dalam waktu dekat tidak memungkinkan, karena MTQ tingkat kecamatan keseluruhannya masih ada yang belum dilaksnakan seperti di Pinggir yang belum melaksanakan MTQ tingkat kecamatan,” katanya. (adv)