Pemkab Bengkalis Gelar Pelatihan Manajemen Kearsipan

id pemkab, bengkalis gelar, pelatihan manajemen kearsipan

 Pemkab Bengkalis Gelar Pelatihan Manajemen Kearsipan

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menggelar pelatihan manajemen kearsipan di lingkungan pemerintahan setempat.

"Diharapkan kepada peserta, pencerahan yang diperoleh dalam pelatihan tersebut, dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga keberadaan arsip di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun unit kerja di daerah ini benar-benar berdaya dan berhasil guna. Berfungsi sebagaimana mestinya," kata Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Bengkalis, Kamis.

Kegiatan yang ditaja oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kabupaten Bengkalis itu diikuti peserta dari Sekretariat DPRD, Inspektorat, Badan, Dinas dan Satpol PP 27 peserta, RSUD Duri, RSUD Bengkalis, Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis 8 peserta.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 12 hingga 14 April 2016 itu, menghadirkan nara sumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Majuni Susi dan Retor Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Dr H. Amir Mahmud.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyambut baik pelatihan dokumen dan kearsipan tersebut.

Menurut dia, sebagai sumber informasi dan pusat ingatan, arsip mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup organisasi, baik di institusi pemerintah maupun swasta. (Adv)

"Selain sebagai salah satu sumber data atau informasi, arsip memiliki fungsi penting lain. Seperti bahan atau alat pembuktian (bukti otentik), bahan dasar perencanaan dan pengambilan keputusan, barometer kegiatan organisasi, maupun sebagai bahan informasi kegiatan ilmiah lainnya," ujarnya.

Untuk itu lanjutnya lagi, agar keberadaan arsip benar-benar dapat berfungsi dengan baik, maka perlu dikelola dengan manajemen kearsipan yang baik pula.

"Misalnya, bila suatu saat dibutuhkan, maka dengan mudah dan cepat dapat ditemukan kembali," ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai siklus hidup arsip yang merupakan konsep penting dalam manajemen arsip yang baik, impelementasinya harus dalam setiap tahapan.

"Mulai dari proses penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan, serta penyimpanan maupun pemusnahannya, semuanya harus dikelola dengan baik, tersistem dan tertata dengan rapi," ujarnya.