40 Nelayan Rohil Bakal Dapat Kapal Motor, Begini Diskanlut Menyeleksi

id 40 nelayan, rohil bakal, dapat kapal, motor begini, diskanlut menyeleksi

40 Nelayan Rohil Bakal Dapat Kapal Motor, Begini Diskanlut Menyeleksi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau tahun ini akan menyalurkan bantuan kapal motor kepada 40 nelayan berkekuatan 1 dan 3 GT.

"Bantuan itu nantinya diperuntukkan bagi nelayan laut dan sungai," kata Kepala Diskanlut Rohil M. Amin, Rabu.

Ia menjelaskan, jika tahun lalu bantuan didapat nelayan berdasarkan proposal, namun kali ini Diskanlut Rohil akan lebih selektif dalam menyalurkannya melalui peninjauan langsung aktivitas nelayan.

"Kita yang akan jemput bola menemui dan mencari nelayan mana saja yang layak mendapat bantuan, karena sistem pengajuan proposal dinilai kurang efektif, disamping untuk menghindari penumpukan pengajuan permohonan proposal yang masuk," tuturnya.

Ia menilai, dengan turun langsung meninjau aktifitas nelayan juga dapat memahami kebutuhannya.

"Bantuan seperti ini setiap tahun diadakan. Dari jumlah 40 kapal motor itu 20 diantaranya berkekuatan 1 GT diperuntukkan nelayan pencari ikan disungai dan 20 lainnya (3 GT) disalurkan bagi nelayan dilaut," sebutnya.

Diperkirakan, bantuan 40 kapal motor tersebut akan terealisasi dalam waktu dekat begitu pemenang lelang diumumkan.

"Sekarang sedang persiapan lelang 40 kapal motor itu, kalau sudah ada pemenangnya secara otomatis bantuan secepatnya disalurkan," katanya.

Amin menambahkan, selain bantuan kapal motor Diskanlut juga bakal menyalurkan bantuan lainnya kepada nelayan seperti bantuan benih ikan air tawar, jaring dan lainnya