Masyarakat Rohul Bersama TNI-Polri Buat Sekat Kanal dan Embung Air

id masyarakat rohul, bersama tni-polri, buat sekat, kanal dan, embung air

Masyarakat Rohul Bersama TNI-Polri Buat Sekat Kanal dan Embung Air

Ujungbatu,(Antarariau.com) - Masyarakat Desa Ngaso Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau bersama dengan Personil TNI dari Koramil 08/Tandun dan Kepolisian melakukan gotongroyong membuat sekat kanal dan kolam embung mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan.

"Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan," ungkap Danramil 08/Tandun Kapten Arh Kharidon Sitio, di Tandun, Senin.

Kharidon Sitio menjelaskan kanal bloking yang dibagun kali ini terletak di RT 01, RW 05, Dusun II Simpang Baru, Desa Ngaso.

Menurut dia kanal bloking dibuat dengan cara membendung Sungai Sepoteh menggunakan karung plastik yang di isi dengan tanah. Lalu kolam embung seluasnya 10 x 12 meter itu berisi air.

"Di perkirakan isi air dalam kolam dapat mengisi tanki mobil Damkar sebanyak 20 unit," bebernya.

Jarak antara kanal bloking dengan kolam embung sekitar 30 meter. Dengan demikian akan memudahkan penggunaan air bila di perlukan untuk memadamkan api pada kebakaran karlahut.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 08/Tandun juga menyempatkan diri untuk mensosialisasikan dampak Karlahut, serta fungsi kanal bloking, dan kolam embung kepada masyarakat Desa Ngaso yang mengikuti gotong royong.

Danramil menjelaskan, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di sekitar daerah ini, masyarakat dapat mengambil air dari kanal bloking dan kolam embung menggunakan mesin robin penyedot air untuk memadamkan api.

"Jika jangkauan selang mesin robin tidak mampu akibat kejauhan lahan yang terbakar, warga dapat menggunakan mobil Damkar mengambil air dari kanal bloking dan kolam embung," bebernya.

Danramil mengingatkan kebakaran lahan dan hutan sangat merugikan masyarakat banyak, seperti yang terjadi pada tahun yang lalu.

Akibat kabut asap aktifitas terganggu, anak-anak sekolah di liburkan, perekonomian masyarakat tidak lancar, dan kesehatan masyarakat terganggu.

Danramil juga mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat yang meluangkan waktu melaksanakan gotong royong bersama dalam mengantisipasi karlahut.