Puluhan Brimob Bantu Pengamanan Pilkada Dumai

id puluhan, brimob bantu, pengamanan pilkada dumai

 Puluhan Brimob Bantu Pengamanan Pilkada Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Kepolisian Resort Dumai AKBP Suwoyo menyatakan tugas pengamanan Pilkada 2015 di sejumlah daerah rawan dan perbatasan daerah itu akan dibantu puluhan personel Brimob dari Polda Riau.

"Sebanyak 30 personel Brimob telah tiba di Polres Dumai Selasa kemarin untuk membantu mengawal dan mengamankan Pilkada 9 Desember nanti, terutama saat pemungutan suara dan penghitungan," kata dia, Kamis.

Dia menjelaskan, anggota Brimob ini nantinya akan menjadi pelapis kepolisian dan akan disebar ke seluruh kecamatan, terutama di wilayah dianggap rawan konflik agar pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan kondusif. Bantuan Kekuatan Organik (BKO) Brimob Polda Riau ini, lanjut dia, akan langsung bertugas, mulai dari patroli rutin dan pengamanan di sejumlah posko pemenangan dan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat serta objek vital lain.

"Sebelumnya sudah dilakukan upacara penyambutan dan dalam pelaksanaan tugas pengamanan ini diminta agar personel brimob menjalin komunikasi baik dengan seluruh aparat terkait lain," ungkapnya. Pihaknya akan memperketat pengamanan penyelenggaraan Pilkada di sejumlah wilayah perbatasan Dumai-Rokan Hilir dan Dumai-Bengkalis karena berdasarkan pemetaan rawan terjadi pelanggaran.

Menurut dia, dua personel polisi dibantu prajurit TNI akan ditempatkan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah rawan tersebut, dibantu juga petugas panitia pengawas setempat.

"Total kekuatan yang diturunkan untuk pengamanan Pilkada Dumai terdiri dari 360 polisi dibantu 200 prajurit TNI dan anggota Brimob dan kita juga berkoordinasi dengan lembaga penyelenggara dan pengawas," ujarnya.

Sementara, Ketua Panwas Pilkada Dumai Yosi Rinaldi mengatakan di daerah perbatasan tersebut dikhawatirkan terdapat pemilih ganda, karena masyarakat kedua wilayah itu hidup berdampingan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya menurunkan satu petugas pengawas kecamatan dan berharap jalannya pemungutan suara di TPS tetap kondusif dan terlaksana tertib dan lancar.