Forum LLAJR Kuansing Berikan Saran Perbaikan

id forum llajr, kuansing berikan, saran perbaikan

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Forum lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (LLAJR) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau sangat berperan memberikan saran perbaikan yang bermanfaat untuk daerah misalnya untuk kegiatan keselamatan berlalu lintas di daerah.

"Kami akan menyampaikan beberapa masukan kepada pemerintah agar program lalu lintas berjalan dengan baik," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Informasi dan Komunikasi Kuantan Singingi Sukardi di Teluk Kuantan, Jumat.

LLAJ dapat merekomendasi temuannya kepada instansi terkait, seperti usulan perbaikan atau pelebaran jalan kepada Dinas Bina Marga, penambahan fasilitas lalu lintas kepada Dinas Perhubungan dan termasuk pelayanan kesehatan sopir dari Dinas Kesehatan.

Forum juga dapat menganalisis dampak Lalu Lintas lainnya yang akan disampaikan kepada kementerian terkait, instansi sesuai dengan fungsinya baik yang ada di daerah kabupaten, provinsi maupun Pusat sehinga apa yang diharapkan bisa terwujud.

"Ini sudah berjalan, namun masih perlu peningkatan kinerja," sebutnya.

Menurut Sukardi, keberadaan FLLAJR ada payung hukumnya yakni dibentuk berdasarkan PP Nomor 37 Tahun 2011 dan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Kuantan Singingi Nomor 226/V/2013.

Fungsi dan mekanisme kerjanya adalah sebagai wahana untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan berlalu lintas yang baik, setiap penyelenggara angkutan jalan memerlukan keterpaduan dalam pelaksanaannya hingga tercapai target.

"LLAJ juga telah menggelar kegiatan pemeriksaan pengemudi," ujarnya.

Kegiatan itu, sebutnya, dalam rangka untuk keselamatan angkutan, jika pengendara dalam keadaan sehat setidaknya lalu lintas berjalan lancar dan bahaya kecelakaan dapat dihindari.

Forum LLAJ tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan dan Infokom, Kepolisian, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA), Dinas Kesehatan (Diskes) dan Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan serta pihak Jasa Raharja.

"Mari semua mendukung program berlalu lntas yang aman," pintanya.