Disnak Dumai Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Rabies

id disnak dumai, imbau masyarakat, waspada penyakit rabies

Disnak Dumai Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Rabies

Dumai, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Peternakan Kota Dumai, Riau Syafrizal mengimbau masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk tetap waspada terhadap penyakit rabies yang masih menjadi ancaman kesehatan di daerah itu.

Upaya pencegahan rabies terus dilakukan Dinas Peternakan dengan sosialisasi dan pemberian vaksinasi pada hewan peliharaan masyarakat, seperti anjing, kucing dan monyet atau kera.

"Jumlah hewan peliharaan yang divaksin selama Oktober ini sebanyak 1.500 ekor di tujuh kecamatan bertujuan mengantisipasi ancaman rabies bagi masyarakat," katanya kepada pers, di Dumai, Jumat.

Dia menjelaskan rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies dan dapat menular ke manusia jika digigit hewan.

Pemberian vaksin antirabies dilaksanakan oleh petugas kesehatan hewan terdiri dari beberapa tim dan menyasar ke rumah penduduk yang memiliki hewan peliharaan.

"Tim kesehatan hewan langsung mendatangi rumah masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk memberikan vaksin secara gratis, dan menargetkan Dumai bebas dari rabies," ungkapnya.

Menurutnya, pemberian vaksin rabies untuk mencegah hewan peliharaan terkena rabies yang dapat ditularkan ke manusia akibat gigitan hewan yang sudah terinfeksi.

Memperingati Hari Rabies Sedunia 2015, Disnak telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti sosialisasi tentang rabies, pembacaan komitmen bersama pencegahan dan pengendalian rabies dan bazar.