Disnak Dumai Catat 145 Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

id disnak dumai, catat 145, lokasi penyembelihan, hewan kurban

Disnak Dumai Catat 145 Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Peternakan Kota Dumai Riau Syafrizal menyebutkan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha nanti tercatat sementara sebanyak 145 lokasi.

Kemampuan umat muslim untuk beribadah kurban diperkirakan mengalami penurunan, karena dibanding 2014 lalu tercatat sebanyak 377 lokasi penyembelihan dengan 1.500 ekor hewan.

"Penyembelihan di masjid dan musalla serta lapangan terbuka lainnya, dan diprediksi kedepan akan terus bertambah karena pemantauan masih terus berjalan," kata Syafrizal kepada pers, Senin.

Sejauh ini tim kesehatan sudah melakukan pemeriksaan hewan kurban sebanyak 822 ekor, terdiri 787 sapi, 33 kambing dan 2 kerbau dan keseluruhan dinyatakan sehat.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan petugas di sejumlah lokasi peternakan dan penampungan hewan yang didatangkan dari berbagai daerah pemasok.

"Pemeriksaan hewan kurban masih berjalan dengan menyasar ke beberapa tempat, termasuk bersiaga di pintu masuk perbatasan khusus mengecek kesehatan hewan yang didatangkan dari daerah pemasok," jelasnya.

Kesiapan lain menghadapi Idul Adha 2015, lanjut dia, tim kesehatan Disnak Dumai juga akan melakukan pemeriksaan daging hewan kurban yang telah disembelih umat muslim.

Khusus pengecekan daging ini dimulai pada Idul Adha dan tim akan turun ke semua lokasi penyembelihan guna mengambil sampel berupa hati dan darah hewan untuk dipastikan kondisi kesehatan.

"Jika daging hewan kurban diketahui mengandung penyakit dan tidak layak konsumsi maka akan langsung dimusnahkan supaya tidak menularkan ke manusia," sebutnya.

Sebelumnya, Disnak memprediksi stok 1.500 ekor hewan sapi akan mencukupi kebutuhan kurban, berasal dari 20 persen populasi ternak lokal ditambah pasokan dari daerah Jawa, Lampung, Sumatera Barat dan Medan.