Warga Kuantan Singingi Mulai Gali Sumur Baru

id warga kuantan, singingi mulai, gali sumur baru

Warga Kuantan Singingi Mulai Gali Sumur Baru

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Warga Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mulai banyak menggali sumur baru untuk menanggulangi krisis air bersih akibat musim kemarau ekstrem.

"Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih keluarga," kata salah satu warga Kuantan Singingi Reflizar di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, warga saat inikesulitan air untuk minum, mencuci dan mandi akibat kemarau ekstrem. Banyak sungai dan sumur kering seehingga warga menggali sumur baru di tepian sungai yang di perkirakan ada sumber airnya.

Warga juga harus keluar kampung untuk mencari air dan lokasi yang bisa dijadikan sumur, setelah digali dengan kedalaman tertentu baru menemukan air bersih.

"Sebaiknya pemerintah segera mendistribusikan air bersih khususnya di daerah Lubuk Jambi," katanya.

Warga berbondong-bondong menggunakan gerobak dan motor untuk suopaya lebuih banyak daripada memakai jeriken atau kantong.

Warga Kota Teluk Kuantan, Iman juga mengatakan, kekeringan bukan saja dialami warga jauh dari kecamatan, melainkanan warga di tempat lain juga kesulitan air. Banyak sumur dangkal sudah mengerin dan kalaupun ada, airnya keruh, tidak layak diminum.

"Ini sangat memperihatinkan, hingga saat ini sebahagian penduduk belum mendapatkan bantuan distribusi air dari PDAM," ujarnya.

Menurutnya, solusi terbaik adalah pemerintah daerah lebih cepat menyambung pipa air bersih ke rumah-rumah penduduk dan membangun kantong-kantong penampungan air bersih di setiap desa dan kecamatan.

Instansi terkait dimintanya memaksimalkan program pembangunan sarana air bersih, dan mendata daerah yang rawan kekeringan sehingga keluhan warga dapat teratasi kedepannya karena musim kemarau panjang datang setiap tahun.