Jamaah Rohul Dipersiapkan Pulang Ke Tanah Air

id jamaah rohul, dipersiapkan pulang, ke tanah air

Jamaah Rohul Dipersiapkan Pulang Ke Tanah Air

Tembilahan, (Antarariau.com) - Jamaah Haji asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau melaksanakan persiapan untuk pulang ketanah air, sebab mereka telah selesai menunaikan ibadah haji secara sempurna.

"Jamaah haji asal Rohul sebanyak 225 orang yang tergabung dalam kloter II bersama Kabupaten Bengkalis. Saat ini mereka sudah resmi menyandar gelar Haji dan Hajjah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui pers rilisnya di Pasir Pengaraian, Rabu.

Ahmad menyampaikan bahwa hal ini berdasarkan laporan yang ia terima dari Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) Rohul Helfiskar. Seluruh jamaah haji asal Rohul seluruhnya telah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji, mulai dari Arbaien, Umrah wajib, Wukuf di Arofah, bermalam di Muzdalifah, melontar Jumrah di Mina, Thawaf Ifadhah, sampai dengan Sai dan Tahallul.

"Semua jamaah haji dalam kondisi sehat dan semuanya dapat melaksanakan rukun dan sunnah haji. Terkait dengan kasus Mina, Helfiskar menyatakan bahwa tidak ada satupun jamaah haji Rohul yang terkena kasus Mina, sebab jamaah haji Rohul mematuhi waktu dan jadwal melontar bagi jamaah haji Indonesia, sehingga lolos dari kasus Mina," paparnya.

Dia mengatakan bahwa jamaah haji Rohul akan meninggalkan Arab Saudi melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada tanggal 3 Oktober pukul 23.35 waktu setempat dan diperkirakan tiba di bandara Hang Nadim Batam tanggal 4 Oktober pada pukul 12.35 Wib.

"Setibanya di Batam, jamaah haji akan menginap satu malam di asrama Haji embarkasi Batam, sambil istirahat setelah melalui perjalanan panjang yang menggunakan waktu sekitar delapan jam dari Arab Saudi. Besoknya yaitu tepat pada 5 Oktober, jamaah haji akan diberangkatkan menuju Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian," jelasnya.

Dia memaparkan pemulangan domestik dari Batam akan menggunakan penerbangan Wings Air dengan empat kali penerbangan. Pertama pukul 07.00 sampai 08.25 Wib yaitu untuk jamaah haji Rohul asal kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, Tandun, Kabun, Kunto Darussalam, dan Tambusai Utara. kedua pukul 07.10 sampai 08.45 Wib untuk Kecamatan Ujung batu, Rokan IV Koto dan Pendalian IV Koto.

"Ketiga pukul 10.25 sampai 11.50 Wib yaitu untuk Kecamatan Bangun Purba, Tambusai, dan Kepenuhan. Dan keempat pukul 10.35 sampai 12.00 Wib untuk Kecamatan Rambah, Rambah Samo, dan Rambah Hilir. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Rohul untuk berdoa, semoga para jamaah haji kita selamat dalam perjalanan dan tiba kembali di tanah air," katanya. (Adv)