Enam rumah rusak berat akibat terkena longsor di Indragiri Hilir

id BPBD Riau

Enam rumah rusak berat akibat terkena longsor di Indragiri Hilir

Kondisi sejumlah rumah warga yang rusak akibat longsor di Indragiri Hilir, Selasa (30/4/2024). ANTARA/HO-Humas BPBD Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak enam rumah rusak berat akibat tanah longsor di Jalan Pendidikan RT 001 RW O01 Dusun Sungai Perigi Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), pada pukul 13.30 WIB, Selasa (30/4).

"Tidak ada laporan korban jiwa namun atas kejadian ini enam unit rumah rusak berat, dan dua unit lain rusak ringan serta satu poskamling(pos keamanan lingkungan) rusak berat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edy Afrizal di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, akibat bencana alam itu tercatat delapan kepala keluarga (KK) dari 24 jiwa terdampak dan berdasarkan laporan perangkat kecamatan setempat memprediksi kerugian material seratusan juta lebih.

Karena itu, katanya, BPBD Riau terus berkoordinasi dengan instansi terkait di Indragiri Hilir dan sejauh ini belum ada permintaan bantuan untuk penanganan puing-puing rumah warga yang tergerus akibat musibah longsor tersebut.

"Kecamatan Tanah Merah, Indragiri Hilir berada dalam kawasan rawan longsor, tanah tersebut labil karena pengaruh pasang surut yang menghantam daratan di pinggir sungai," kata Edy lagi.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Putry Santy, merilis hujan akan berlangsung hingga dini hari, tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja, seperti Bengkalis, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Siak, dan Kota Dumai.

"Pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian Kampar, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru," katanya pula.

Karena itu katanya BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60-99 persen. Sementara arah angin berhembus ke barat laut – timur laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 m (rendah),"demikian Santy.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Enam rumah rusak berat akibat terkena longsor di Indragiri Hilir