Jamaah Haji Rohul Berangkat Oktober

id jamaah haji, rohul berangkat oktober

Pasir Pengaraian, Riau 21/9 (ANTARA) - Sebanyak 532 orang jamaah haji Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau pada Oktober mendatang dipastikan berangkat ke Tanah Suci Mekah.

"Berbagai persyaratan haji telah diselesaikan, baik itu pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) maupun paspor haji", kata staf Urusan Agama Islam dan Penyelenggaraan Haji Kementerian Agama Rohul, Sofyan, kepada ANTARA, Selasa.

Sofyan menyatakan calon jamaah haji (CJH) sebagian juga sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan tahap dua, dan telah disuntik vaksin.

Segala sesuatu yang terkait dengan keberangkatan calon haji Rohul sudah tidak ada masalah lagi. "Rencananya jika tidak ada halangan, kloter pertama akan berangkat pada 11 Oktober", ujarnya.

Semula calon jamaah haji yang akan berangkat mencapai 536 tapi empat orang lainya batal berangkat. Dua diantaranya disebabkan meninggal dunia dan dua lainnya lagi tidak dapat dapat melunasi BPIH pada waktu yang telah ditentukan Kementerian Agama (Kemenag).

Dia menjelaskan jamaah haji Rohul yang berangkat ke Tanah Suci itu berasal dari 16 Kecamatan, yakni dari Kecamatan Rambah sebanyak 80 orang, Tambusai 84 orang, Kepenuhan 38 orang, Kunto Darussalam 40 orang, Kabun 11 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Rambah samo 31 orang, Ramba hilir 30 orang, Tambusai Utara 14 orang, Bangun Purba 41 orang, Tandun 44 orang, Ujung Batu 60 orang, Pagaran Tapah Darussalam 23 orang, Kepenuhan Hulu 16 orang, dan Rokan Empat Koto 21 orang.

Dari keseluruhan jamaah haji, terdapat tambahan sebanyak 35 orang, serta termasuk dua orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak dua orang.

"Dua orang TPHD itu perwakilan dari Kemeneg dan dari Pemda, masing-masing satu orang", ujarnya.